Citizen Reporter

Cara KB-TKIT Nurul Fikri Sidoarjo Meningkatkan Budaya Literasi kepada Siswa 

Kegiatan untuk siswa TK A dilaksanakan hari berikutnya. Kegiatan wisata buku di Perpusda Sidoarjo.

Cara KB-TKIT Nurul Fikri Sidoarjo Meningkatkan Budaya Literasi kepada Siswa 
foto: istimewa
Suasana kunjungan KB-TKIT Nurul Fikri mengunjungi Perpustakaan Daerah Sidoarjo, Senin (1/4/2019). 

KB-TKIT Nurul Fikri memberikan suasana berbeda untuk meningkatkan budaya literasi. Rombongan yang terdiri atas 31 siswa Kelompok Bermain dan 66 siswaTK B mengunjungi Perpustakaan Daerah Sidoarjo, Senin (1/4/2019).

Kegiatan untuk siswa TK A dilaksanakan hari berikutnya. Kegiatan wisata buku di Perpusda Sidoarjo dibuat dua hari agar kegiatan itu optimal dan membekas pada anak.

Dewi Masrurroh, ketua panitia menuturkan, kegiatan itu sebagai puncak tema Sidoarjo Kota Literasi.

“Biasanya anak-anak membaca di taman baca sekolah. Kali ini mereka diajak berkunjung ke Perpustakaan Daerah Sidoarjo. Kegiatan ini digelar agar anak-anak lebih bersemangat untuk mencintai buku. Dengan membaca, akan bertambah wawasan pengetahuannya,” imbuhnya.

Sesampai di lokasi, anak-anak diajak berkumpul. Mereka dibagi dua kelompok. Anak TK B di ruang baca anak menikmati berbagai buku. Di tempat itu mereka boleh memilih buku yang disukai.

Desain ruang baca sangat mendukung suasana membaca. Anak-anak semakin betah berlama-lama di ruangan apalagi koleksi bukunya lumayan banyak. Pemandu juga mengajak berkeliling untuk melihat ruang baca yang lain di lantai 2.

Sementara itu, kelompok yang lain diajak mengunjungi ruang bioskop yang letaknya berdekatan dengan ruang baca anak. Kegiatan itu dihelat sekaligus dalam rangka Hari Film Nasional. Di tempat itu anak-anak diajak menonton bioskop mini.

Film yang disuguhkan berisi film dokumenter sejarah Kabupaten Sidoarjo dan film edukasi yang membangun karakter anak dan membuat decak kagum pengunjung.
Menurut Siti Mai Muntadiroh, Kasi Pelayanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Perpusda Sidoarjo membuat terobosan inovasi dengan menyediakan layanan gedung bioskop dan isinya cukup menarik pengunjung.

Bioskop Literasi Anak dan Masyarakat atau lebih dikenal dengan istilah keren Bolam adalah fasilitas baru yang ada di Perpusda Sidoarjo. Istilah Bolam mengingatkan pada lampu pijar.

Film yang disuguhkan diharapkan bisa menerangi dan menambah informasi serta wawasan pengunjung. Referensi film yang akan ditampilkan disesuaikan dengan usia pengunjung.

Aisar, salah satu siswa TK B merasa senang bisa diajak membaca buku bergambar dan menonton film di gedung film Bolam. Ia berharap bisa berkunjung kembali di lain kesempatan. Aisar dan teman-temannya mendapatkan fasilitas gratis kartu anggota perpustakaan.

Jamilatun Heni M
TKIT Nurul Fikri Sidoarjo
jamilatunhenimarfuah@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved