Berita Kesehatan

Tips Menjaga Kulit dari Dalam dan Luar Supaya Tetap Lembab Selama Bulan Ramadan

Ketika berpuasa kulit cenderung lebih kering karena tidak terhidrasi secara baik. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kopi dan teh

Tips Menjaga Kulit dari Dalam dan Luar Supaya Tetap Lembab Selama Bulan Ramadan
Istimewa
dr Puspita Dyah Ardyani dari Medicelle Clinic Surabaya 

Surya.co.id | SURABAYA - Ketika berpuasa kulit bisa cenderung lebih kering karena tidak terhidrasi secara baik. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti memilih kopi dan teh sebagai minuman ketika sahur atau berbuka.

"Kopi dan teh bisa memicu untuk buang air kecil terus menerus karena dua minuman tersebut merupakan jenis minuman diuretik," tutur dr Puspita Dyah Ardyani, dokter umum MedicElle Clinic Surabaya 

Selain menghindari dua minuman tersebut, Puspita memberikan tips lainnya agar kulit tidak kering selama menjalankan puasa di Bulan Ramadan.

Menjaga kelembaban kulit, ungkapnya, dapat dilakukan dari dalam dan luar. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaganya dari dalam? Berikut ulasannya.

1. Perbanyak Asupan Cairan

Yang pertama yaitu memperbanyak asupan cairan di dalam tubuh. Cara yang paling ampuh adalah meminum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas per harinya

"Misalnya 5 gelas saat berbuka dan 3 gelas saat sahur. Kalau misalnya bosan minum air mineral terus, bisa diganti dengan mengonsumsi asupan cairan lainnya. Seperti mengonsumsi sup, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Supaya tidak bosan, bisa diselingi," tutur Puspita.

2. Melakukan Olahraga dan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Ternyata olahraga juga penting dilakukan selama bulan puasa, lho. Selain menyehatkan, olahraga juga membantu agar kulit tidak dehidrasi.

"Olahraga bisa dilakukan 1 jam atau 30 menit sebelum berbuka puasa. Jadi ketika adzan, harus langsung berbuka agar energinya kembali lagi. Olahraga yang dipilih pun yang ringan saja seperti jalan kaki atau lari kecil," tutur Puspita.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved