Berita Malang

Jadwal Peresmian Tol Pandaan - Malang Seksi I-III

Direktur Teknik JPM, Siswantono, mengatakan uji laik fungsi (ULF) terhadap Tol Pandaan-Malang seksi I-III telah dilakukan oleh BPJT

Jadwal Peresmian Tol Pandaan - Malang Seksi I-III
tribun jatim/sofy zibarani
Arus lalu lintas di ruas tol Pandaan-Malang yang dibuka fungsional selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2019 

SURYA.co.id | MALANG - PT Jasa Marga Pandaan-Malang (JPM) menunggu keputusan Kementerian PUPR terkait jadwal peresmian jalan Tol Pandaan-Malang.

Direktur Teknik JPM, Siswantono, mengatakan uji laik fungsi (ULF) terhadap Tol Pandaan-Malang seksi I-III telah dilakukan oleh BPJT dan Kementerian Perhubungan dengan melibatkan beberapa pihak. Sertifikat kelaikan atas tol sepanjang 30 Km itu juga telah terbit.

"Sudah uji laik dan sertifikasi uji laik juga sudah terbit. Ya sudah kami tinggal menunggu peresmian," ujar Siswantono , Jumat (10/5/2019).

Ia menambahkan ULF itu dilaksanakan pada April lalu dan mengaudit beberapa poin. Beberapa poin yang diuji laik fungsi diantaranya adalah kelengkapan jalan tol, struktur jalan tol, peralatan tol dan kesiapan transaksi.

"Jadi dari rambu, marka, kelengkapan lalu lintas di cek. Dari segi strukturnya itu yakni jembatan, rigid, kerataan semuanya dicek. Terus juga peralatan tol, gerbang tol, rambu-rambu di tol dan kesiapan transaksi," kata dia.

Siswantono mengatakan tidak ada tempat pengisian bahan bakar di tol Pandaan-Malang antara seksi I-III. Namun khusus menyembut arus mudik tahun ini, akan disedikan tempat pengisian bahan bakar portable di dua titik yakni KM 66 dan KM 84.

"Itu temporary saja saat arus mudik besok. Kalau hari biasa nanti nggak ada," ujarnya.

Pada H-10 Lebaran mendatang, underpass Karanglo yang terletak di depan exit tol Karanglo juga akan dibuka fungsional untuk mengurai kemacetan. Hingga saat ini, pengerjaan underpass Karanglo mencapai 80 persen bahkan mulai diuji coba.

"Nanti H-10 akan dibuka tapi fungsional. Baru setelah semuanya rampung dan diuji laik fungsi setelah lebaran," ujar Siswantono. (Aminatus Sofya)

Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved