Ratusan Santri Ramaikan Lomba Tartil dan Nasyid di Banyuwangi

Dalam rangkaian Festival Ramadan, Banyuwangi menggelar event lomba membaca (tartil) Al-quran dan lomba Nasyid (menyanyi lagu Islami)

Ratusan Santri Ramaikan Lomba Tartil dan Nasyid di Banyuwangi
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Lomba tartil yang digelar di Banyuwangi dalam rangka Festival Ramadan 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Dalam rangkaian Festival Ramadan, Banyuwangi menggelar event lomba membaca (tartil) Al-quran dan lomba Nasyid (menyanyi lagu Islami) yang dimulai, Kamis (9/5/2019).‎

Lomba ini diikuti oleh 176 peserta. Mereka akan dinilai dari tajwid, Fashohah (Fashih), serta suara dan irama saat membacakan ayat-ayat Al Quran.

Sekretaris Kabupaten Banyuwangi, Djajat Sudrajat, mengatakan, lomba tartil Quran dan nasyid adalah bagian dari event festival Ramadan yang digelar Banyuwangi selama Ramadan.

“Ini adalah media memperkokoh silahturahmi dan ukhuwah Islamiah antar pelajar maupun santri. Lewat momen bulan Ramadhan ini, kami ingin para siswa maupun santri dari berbagai sekolah dan pondok pesantren saling bertemu untuk menambah wawasan mereka,” kata Djajat.

“Ajang ini juga bisa dikatakan sebagai sarana membumikan Al-Quran di kalangan pelajar Muslim,” tambahnya.

Djajat mengatakan ajang ini juga sebagai sarana mengevaluasi hasil pendidikan membaca Al Quran di kalangan santri. Sejauh mana pendidikan membaca Quran di antara lembaga pendidikan.

“Kompetisi ini juga menjadi cara kami mendapatkan para pembaca Quran terbaik untuk kami ikutsertakan di berbagai lomba tingkat regional dan nasional nantinya. Seperti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) di tingkat provinsi dan MTQ,” ungkap Djajat.

Kepala Bagian Kesra M Luqman, mengatakan lomba tartil ini berlangsung selama dua hari, 9 – 10 Mei 2019. Para peserta terbagi menjadi dua kategori, yakni tingkat TK/SD/MI diikuti 106 siswa, sedangkan kategori TPA/SMP/MTs ada 70 peserta.

“Semua lomba tartil dipusatkan di lingkungan Pemkab, sementara lomba nasyid digelar di kawasan Taman Blambangan selama dua hari,” kata Luqman.

Event lain dalam Festival Ramadhan di Banyuwangi adalah Festival Patrol (10-11 Mei) dan Festival Hadrah (17-18 Mei). Semua event itu akan digelar di kawasan Gesibu, Taman Blambangan.

Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved