Berita Malang Raya

Bisa Daftar Online, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka pada 12 Mei 2019

BB TNBTS kembali membuka pendakian menuju Gunung Semeru pada 12 Mei 2019 mendatang

Bisa Daftar Online, Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka pada 12 Mei 2019
TNBTS
Awan menyerupai topi di Gunung Semeru 

SURYA.co.id | MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru (TNBTS) kembali membuka pendakian menuju Gunung Semeru, setelah sebelumnya menutup pendakian ke Gunung Semeru sejak 3 Januari 2019 lalu.

Pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa ini akan dibuka lagi pada 12 Mei 2019 mendatang. 

"Meski sudah dibuka, pendakian hanya sampai di Kalimati. Ini berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG)," kata Kepala BB TNBTS, John Kennedie, ketika dikonfirmasi TribunJatim.com (grup surya.co.id), Kamis (9/5/2019).

John menambahkan berdasarkan pengamatan yang dilakukan TNBTS antara Maret hingga April 2019, curah hujan di Gunung Semeru tidak ekstrem dan relatif menurun.

Selain itu, permintaan masyarakat untuk melakukan pendakian di Gunung Semeru cukup tinggi.

"Sebelum mendaki Gunung Semeru, wisatawan diwajibkan melakukan booking pendakian yang kini bisa dilakukan secara online melalui website bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," sambungnya.

Layanan booking pendakian online ini dilengkapi fitur virtual account yang memudahkan wisatawan dalam melakukan pendaftaraan pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

"Sehingga tidak harus melalui mekanisme menunggu konfirmasi admin pendakian BB TNBTS," ucap John.

John mengimbau masyarakat yang akan melakukan pendakian ke Gunung Semeru memperhatikan prosedur, mempersiapkan kondisi fisik dan menggunakan jalur resmi.

"Lebih penting adalah ikut melestarikan ekologi kawasan TNBTS dengan tidak membuang sampah dan mengganggu flora dan fauna," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved