Citizen Reporter

Unair Ikuti Pameran Pendidikan Terbesar se-Asia-Pasifik di Malaysia: Dua Hal ini Targetnya

Kesempatan itu yang dimanfaatkan Universitas Airlangga dengan mengikuti pameran pendidikan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Unair Ikuti  Pameran Pendidikan Terbesar se-Asia-Pasifik di Malaysia: Dua Hal ini Targetnya
foto: istimewa
Pameran pendidikan terbesar se-Asia-Pasifik di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia, Selasa-Kamis (26-28/3/2019). 

PAMERAN pendidikan menjadi kesempatan bagus bagi perguruan tinggi untuk melebarkan jejaring apalagi jika pameran itu dalam skala internasional. Ada kesempatan besar bagi masing-masing perguruan tinggi untuk bermitra dengan sesama peserta pameran.

Kesempatan itu yang dimanfaatkan Universitas Airlangga dengan mengikuti pameran pendidikan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Melalui pameran pendidikan bertajuk Asia-Pacific Association for International Education Conference and Exhibition (APAIE) 2019, 10 delegasi diberangkatkan demi promosi dan bermitra dengan kampus asing.

Pameran pendidikan terbesar se-Asia-Pasifik itu berlangsung di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia, Selasa-Kamis (26-28/3/2019).

Tak kurang dari 1.500 delegasi dari ratusan kampus di dunia datang dalam pameran pendidikan itu.

Mereka di antaranya dari Malaysia, Singapura, Korea, Taiwan, Hongkong, Thailand, Australia, New Zealand, Hungaria, Polandia, Switzerland, Spanyol, Jepang, Prancis, Jerman, India, Turki, Belanda, dan masih banyak kampus lain.

Beberapa faculty ambassador Universitas Airlangga yang mengikuti pameran adalah Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keperawatan, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Selama tiga hari, delegasi Universitas Airlangga melakukan pertemuan strategis dengan delegasi kampus lain.

Pertemuan itu dilakukan baik dengan kampus yang sudah pernah diajak bekerja sama, maupun yang sama sekali baru. Dalam pertemuan strategis itu ada banyak hal yang dibicarakan untuk bekerja sama.

Seperti yang sudah-sudah, Universitas Airlangga bermitra dengan banyak kampus di luar negeri dalam hal pertukaran mahasiswa dan staf, kerja sama riset dan publikasi ilmiah, profesor/dosen yang memberikan kuliah tamu, dan masih banyak kerja sama lain.

Kerja sama itu penting dilakukan. Selain memperluas khasanah pengalaman dan ilmu pengetahuan, kerja sama antarkampus level internasional dinilai oleh lembaga perangkingan perguruan tinggi. Semakin tinggi ranking yang diperoleh, kepercayaan masyarakat terhadap suatu kampus akan meningkat.

Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Direktur Eksekutif Airlangga Global Engagement menyatakan, sebagai bagian dari pendidikan tinggi global. Keikutsertaan dalam APAIE diharapkan dapat memperkuat kemitraan dengan instansi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

”Acara ini penting untuk diikuti karena memperkuat kemitraan global, memperkuat sumber daya akademik dan lulusan, riset, dan pengabdian masyarakat,” terang Nyoman.

Dalam pameran pendidikan itu, stan Study In Indonesia diisi beberapa booth. Selain Universitas Airlangga, kampus lainnya yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institit Pertanian Bogor, dan Universitas Hasanuddin.

Binti Q Masruroh
Staf Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga
Surabaya
binti.quryatul@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved