Kesehatan

Tak Mau Bau Mulut Selama Berpuasa? Ini Caranya

Bau mulut memang mengganggu, terlebih ketika sedang berpuasa. Lantas bagaimana caranya agar terhindar dari bau mulut?

Tak Mau Bau Mulut Selama Berpuasa? Ini Caranya
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bau mulut seolah menjadi sesuatu yang akrab dialami orang berpuasa. Namun, hal itu sebenarnya dapat diatasi, paling tidak supaya kita tidak mengalami bau mulut yang parah selama ibadah puasa.

drg. Immilia Eka Pertiwi dari Gigi Sehat Dental Clinic Surabaya menyebut ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi masalah bau mulut. Terutama bagi orang-orang yang berpuasa.

Pertama, memastikan tidak ada gigi berlubang dan karang gigi. Menurut Immilia, karang gigi tak jarang menyebabkan gusi berdarah dan meradang. Adanya luka berdarah di itulah alasan mengapa seseorang mengalami bau mulut.

Kedua, membersihkan gigi dengan benar. Immilia mengatakan, berpikir bahwa obat kumur dapat menjadi solusi praktis menghilangkan bau mulut adalah salah besar. Gigi harus dibersihkan dengan urutan yang benar supaya terhindar dari bau mulut.

Dijelaskan Immilia, langkahnya secara berurutan adalah sikat gigi sesegera mingkin setelah makan, saat berpuasa, menyikat gigi setelah makan sahur adalah hal yang sangat penting. Selanjutnya, bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Baru langkah terakhir adalah berkumur dengan obat kumur tidak beralkohol.

"Jangan diskip ya. Misalnya nggak sikat gigi, eh langsung kumur dengan obat kumur. Dan yang paling sering terlupa adalah selain menyikat gigi, kita jg harus menyikat lidah dan langit-langit mulut," ujar Immilia.

Ketiga, hindari makan makanan yang memicu bau mulut. Makanan berbau menyengat, antara lain bawang putih, durian dan jengkol, sangat memicu timbulnya bau mulut. Apabila makan makanan tersebut, Immilia menuturkan harus diimbangi dengan menyikat gigi extra atau makan buah-buahan.

Beberapa jenis buah, direkomendasikan Immilia untuk mencegah timbulnya atau mengatasi bau mulut, yaitu apel dan jeruk. Sayur kaya serat, juga disebutnya dapat membantu mengatasi masalah bau mulut, bayam salah satunya.

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved