Kesehatan

Penyebab Bau Mulut Selama Berpuasa dan Cara Mencegahnya

Salah satu hal yang kerap dikeluhkan ketika berpuasa adalah bau mulut. Apa penyebabnya? bagaimana pula cara mencegahnya?

Penyebab Bau Mulut Selama Berpuasa dan Cara Mencegahnya
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

SURYA.co.id | SURABAYA - Salah satu hal yang kerap dikeluhkan ketika berpuasa adalah bau mulut. 

Apa sebenarnya yang membuat orang berpuasa mengalami bau mulut?

drg. Immilia Eka Pertiwi dari Gigi Sehat Dental Clinic Surabaya mengatakan, bau mulut disebabkan banyak faktor. Misalnya, peradangan pada gusi atau gingivitis, peradangan gusi ini bisa terjadi karena karang gigi.

Adanya karang gigi, tak jarang menyebabkan gusi berdarah dan meradang. Adanya luka berdarah di itulah alasan mengapa seseorang mengalami bau mulut.

Selain itu, Immilia mengatakan, bau mulut bisa juga disebabkan dari reflux acid atau peningkatan asam lambung. Kalau tidak ada peradangan gusi, tidak ada gigi yg berlubang, bisa saja bau mulut disebabkan dari peningkatan asam.

"Nah pada orang berpuasa, lambung kita kan kosong. Jadi gas-gas di lambung bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, sisa-sisa makanan sahur atau saat berbuka juga sangat bisa menyebabkan bau mulut," ujar Immilia.

Kembali pada kasus bahwa sering kali masalah bau mulut pertama kali dideteksi oleh orang-orang sekitar. Immilia menuturkan kebersihan pribadi dan self awareness menjadi poin utama agar terhindar dari bau mulut.

"Itulah kenapa cek up gigi setiap enam bulan sekali itu penting, salah satunya untuk mencegah masalah bau mulut. Kebiasaan rutin lainnya yang harus diperhatikan supaya masalah itu nggak terjadi adalah setelah makan harus segera menyikat gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol, terutama saat setelah makan sahur," papar Immilia.

Tak Mau Bau Mulut Selama Berpuasa? Ini Caranya

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved