Single Focus

Katering Sehat Jadi Andalan Saat Bulan Puasa

Mendekati bulan Ramadan ini, katering sehat di Surabaya mulai banjir pesanan. Sebagai variasi, menunya pun ditambah dengan takjil.

Katering Sehat Jadi Andalan Saat Bulan Puasa
surabaya.tribunnews.com/delya oktovie
Katering sehat Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Katering sehat mulai menjadi tren seiring gaya hidup masyarakat urban yang sibuk, tak sempat memasak sendiri dan sulit mengontrol asupan gizi. Yang menarik, kini katering sehat juga hadir sebagai solusi kebutuhan makan sehat dengan harga terjangkau.

Mendekati bulan Ramadan ini, katering sehat di Surabaya mulai banjir pesanan. Dua di antaranya Lesssalt Diet dan Dr Muscle Catering. Ini pelayanan puasa kedua bagi kedua katering itu.

"Kami banyak pelanggan Muslim. Nah, biasanya saat bulan puasa kami mengirim makanan sore hari mendekati jam buka puasa, mulai sekitar pukul 15.00 WIB," tutur Michael Sutandio, pemilik Dr Muscle Catering, Minggu (5/5).

Ia mengatakan, selama Ramadan, Dr Muscle Catering hanya menyediakan menu buka puasa saja, tanpa sahur.
Hal ini juga dilakukan oleh Lesssalt Diet. Reffy Nugraha Halim, Direktur Lesssalt Diet menyebut, selama bulan puasa, pihaknya tidak hanya memberi satu porsi makan, tetapi ditemani takjil.

"Kami tidak ada menu tetap, semua bisa custom sesuai keinginan pelanggan. Kalau buka puasa, kami mengirim dua kotak, yang satu takjil. Biasanya berupa makanan penutup, seperti bikang ubi, singkong, cassava cake, mango sticky rice, kolak, dan lain-lain," terangnya.

Varian takjil itu dipilih karena mengandung karbohidrat kompleks yang sangat dibutuhkan tubuh setelah berpuasa.

"Kalau puasa itu gula darah turun, itu bisa naik secara baik dengan jenis-jenis makanan seperti itu. Kenyangnya juga lebih lama, tetapi tidak membuat gendut," urainya.

Untuk menu buka puasa, Michael biasanya merekomendasikan menu yang rendah karbohidrat tetapi tinggi protein dan serat, supaya kenyang lebih lama.

Menu dengan nasi merah, kentang dan ubi, bisa menjadi pilihan karena memiliki karbohidrat kompleks yang diserap tubuh lebih lambat, sedang protein bisa dari ayam, daging dan ikan.

Senada Michael, Reffy juga menyarankan menu eat clean seperti menu sehari-hari mereka, namun diberi opsi isian yang lebih sehat.

"Salah satu contoh main course-nya, ayam betutu, nasi pedas bali, nasi ayam hainan, martabak. Itu semua bahan dan cara masaknya benar-benar kami perhatikan. Misal nasi ayam hainan itu pakai nasi cokelat. Terus biasanya ditambah kecap, kami pakai kecap dari fermentasi sayuran. Semuanya no deep fried, pakainya minyak kelapa," ujar Reffy.

Konsultasi dulu 

Meski kedua katering tidak melayani menu sahur, tetapi banyak pelanggan yang mengakali dengan beli dua menu saat berbuka, sehingga saat sahur tinggal dihangatkan sebelum disantap.

Puasa juga menjadi tantangan bagi penderita sakit jangka panjang, seperti diabetes, hipertensi dan lambung. Kedua katering memang terbiasa melayani pelanggan dengan penyakit ini, tapi selama puasa, Reffy dan Michael akan memberi saran menu yang benar-benar cocok, sekaligus untuk kelancaran puasa.

"Kami ada beberapa pasien diabetes, hipertensi dan lambung. Makanya, kalau ada pelanggan baru, saya selalu konsultasi dulu usia, berat dan tinggi badan, aktivitas sehari-hari, dan lain-lain," kata Michael. 

Penulis: Delya Octovie
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved