Ekonomi Bisnis

Apersi Dukung Permintaan PUPR untuk Siapkan Rumah Segmen Generasi Milenial, Begini Caranya

PUPR terus mendorong pelaku usaha perumahan untuk menyediakan rumah bagi milenial.

Apersi Dukung Permintaan PUPR untuk Siapkan Rumah Segmen Generasi Milenial, Begini Caranya
surya/galih lintartika
Ilustrasi - Rencana pembangunan perumahan bersubsidi untuk anggota polisi dan PNS di lingkungan Polres Pasuruan. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pelaku usaha perumahan untuk menyediakan rumah bagi milenial. Hal ini karena jumlah dan kemampuan mereka dalam kepemilikan rumah cukup banyak dan unik.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yusuf Hariagung, mengatakan saat ini hampir 35 persen atau sebanyak 83 juta penduduk Indonesia merupakan kelompok milenial.

"Nanti tahun 2020 jumlahnya akan meningkat lagi. Bisa jadi 100 juta lebih," kata Yusuf, saat hadir di Rakerda DPD Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Timur 2018, pekan lalu.

Hal itu menjadi perhatian khusus pemerintah dengan mendorong para pelaku usaha perumahan untuk menyediakan rumah bagi mienial.

Salah satunya terkait konsep rumah yang sesuai dengan kebutuhan Milenial.

Misalnya rumah susun dengan fasilitas lengkap atau rumah tapak dengan konsep yang lebih fungsional.

"Sedangkan dari sisi pelaku usaha, mereka juga didorong untuk menyediakan rumah dengan karakteristik milenial dimana mereka inginnya serba cepat, lokasi yang terintegrasi dengan informasi dan IT. Memang karakter perumahannya agak sedikit berbeda dengan perumahan umum," jelas Yusuf.

Soal harga, menurut Yusuf nantinya akan ada dua kategori, yakni kategori harga milenial yang setara dengan MBR dan milenial yang mempunyai usaha lebih sehingga harga akan disetarakan dengan ASN, TNI, dan Polri.

Sampai saat ini di Jawa Timur masih ada sekitar 1 juta lebih backlog rumah, di mana separonya merupakan kelompok milenial.

"Jadi pemerintah akan memang mendorong pelaku usaha, seperti Apersi untuk membangun rumah bagi kelompok ini," tambah Yusuf.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved