Wakil 1 Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur 2019 : Saatnya Promosi Wisata Jatim

“Bisa menjadi wakil 1 Raki Jawa Timur itu luar biasa. Saya pun terus belajar banyak hal terutama tentang pariwisata lebih luas lagi di ranah Jatim"

Wakil 1 Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur 2019 : Saatnya Promosi Wisata Jatim
ist/citizen reporter
Pasangan Wakil 1 Raka-Raki Jawa Timur 

SURYA.co.id | Fitrinda Wieke Dwie Putri, mahasiswa Sastra Inggris Universitas Negeri Malang menjadi Wakil 1 Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur 2019.

Ajang pemilihan duta wisata itu merupakan program tahunan yang diikuti perwakilan terbaik seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur.

Tahun ini pelaksanaannya diselenggarakan di Pandaan-Pasuruan, Jumat (15/3/2019) hingga Senin (18/3/2019).

Tujuan pelaksanaan ajang pemilihan duta wisata itu tidak lain sebagai promotor di bidang pariwisata, menjadi duta yang membantu dan mendukung pemerintah dalam pengembangan pariwisata Jawa Timur. Selain itu, juga menjadi wadah anak muda milenial dalam berkarya.

Menjadi juara sebagai perwakilan duta wisata Jatim tidaklah mudah. Selain peryaratannya pernah menjadi duta wisata dulu di kota/kabupaten Jatim. juga ada beberapa tahapan seleksi yaitu mulai dari tahap tes tulis, tes interview, dan presentasi inovasi dari destinasi wisata di daerah masing-masing finalis.

Juri yang berkompeten di bidangnya dalam penilaian finalis Raka-Raki Jatim 2019 yakni Ida Ayu Brahmasari, Agus Dono, Suko Widodo, Pinky Saptandari, dan Reyza Fitri Aninda.

Wieke yang kerap disapa Keke mempresentasikan inovasi tentang pengembangan destinasi objek wisata yang ada di kota Batu. Nama dari destinasi itu Kebat, kampung edukasi budaya alam yang memiliki tradisi untuk mengajak wisatawan untuk belajar tentang budaya Jawa.

Menjadi perwakilan duta wisata Jatim membutuhkan persiapan yang matang. Keke menjelaskan, persiapannya mengikuti proses seleksi yaitu mulai dari belajar public speaking, memperbanyak wawasan pariwisata, persiapan presentasi yang baik, dan sharing bersama senior di Paguyuban Kangmas Nimas Kota Batu.

“Bisa menjadi wakil 1 Raki Jawa Timur itu luar biasa. Saya pun terus belajar banyak hal terutama tentang pariwisata lebih luas lagi di ranah Jawa Timur. Jadi senang, di samping mendapat teman baru dari kota dan kabupaten di Jawa Timur, juga mendapat ilmu baru,” kesan Keke.

Penulis : Riska Febrianti, Mahasiswa Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved