Citizen Reporter

Ilmu dari National Geographic Learning, Guru Sekolah Islam Sabilillah Malang Workshop di Surabaya

Delegasi sekolah Islam Sabilillah Malang mengikuti workshop tentang Extensive Reading (ER) with National Geographic Learning (NGL) di Surabaya.

Ilmu dari National Geographic Learning, Guru Sekolah Islam Sabilillah Malang Workshop di Surabaya
foto: istimewa
Para peserta workshop foto bersama usai acara. 

DELEGASI dari sekolah Islam Sabilillah Malang, mulai dari pengajar SD, SMP, hingga SMA mengikuti workshop tentang Extensive Reading (ER) with National Geographic Learning (NGL) di Tong Hai Restaurant and Ballroom Surabaya. Workshop yang diadakan Sabtu (16/3/2019) itu dihadiri sekitar 50 guru Bahasa Inggris dari beberapa kota di JawaTimur.

Acara yang diselenggarakan Global Book Surabaya, National Geographic Learning, dan Eka Widya Anugerah (EWA) menghadirkan Andrew (Andy) Boon. Ia dosen di Fakultas Komunikasi Global di Tokyo Gakuen University.

Ia juga penulis artikel tentang pengembangan diri guru, motivasi, dan metodologi serta beberapa buku pembelajaran bahasa Inggris. Topik pembahasan utama adalah mendesain dan menyajikan extensive reading (ER) di kelas.

“ER dipandang penting sebagai upaya meningkatkan kebiasaan baca dan tingkat literasi dalam bahasa Inggris tentunya. Saat ini tingkat literasi masyarakat Indonesia tergolong rendah yang hanya menunjukkan 0.001 persen menurut UNESCO. Menurut skor Programme for International Student Assessment, Indonesia berada di bawah Vietnam,” ungkap Hony, ketua penyelenggara saat membuka workshop.

Mengawali workshop, Andy mengajak seluruh peserta berkenalan dan menanyakan pendapat masing-masing tentang tujuan membaca, baik dalam bahasa ibu maupun dalam bahasa Inggris. Para peserta diajak sharing.

“Dengan membaca akan membuat kita memiliki wawasan yang luas dan membuat kita lebih toleran dan saling menghargai,” terang Richa, salah satu guru dari Metta School Surabaya.

Andy melanjutkan paparan mengenai karakteristik ER. Enjoyment adalah inti dari kegiatan ER. Ia juga menjelaskan perbedaan antara ER dengan intensive reading, cara mendesain kelas ER, beberapa tingkatan pembaca, cara menilai kegiatan dalam kelas ER, beberapa alternatif kegiatan dalam kelas dan cara menjadi penulis bahan atau materi ER.

National Geographic Learning mengenalkan bahan bacaan dan buku pembelajaran yang menyajikan konten-konten yang menarik tentang sejarah, geografi, budaya, dan keadaan alam dari lebih 70 negara.

Seluruh konten gambar di dalam buku merupakan hasil foto para explorer di seluruh dunia, yang kemudian dikemas dan dimasukkan dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Misi dari National Geographic Learning adalah untuk bringing the world into the class, yang bermakna membawa dunia ke dalam kelas sehingga siswa dapat mengetahui banyak hal dari seluruh dunia hanya dengan membaca di dalam kelas.

Selain itu, konten gambar, teks bacaan, maupun pertanyaan di dalamnya memuat high order thinking skill (HOTS) sehingga memacu pembaca untuk berpikir kritis dan kreatif. Siswa akan belajar bukan hanya bahasa Inggris, melainkan juga mendapatkan berbagai pengetahuan umum dari seluruh dunia.

“Kami banyak mendapatkan informasi terkini, sehingga pembelajaran yang akan kami sampaikan kepada peserta didik akan bervariasi sesuai dengan yang mereka butuhkan saat ini,” ujar Muji Prihatin, guru SMA Islam Sabilillah Boarding School.

Fisma, Guru SD Islam Sabilillah Malang menambahkan, workshop seperti itu akan sangat bagus jika bisa rutin diselenggarakan di Malang. Materi ER bisa dibagikan kepada para guru Bahasa Inggris di Kota Malang untuk meningkatkan kegiatan literasi dalam bahasa Inggris.

Pihak penyelenggara berharap dengan pelatihan seperti itu mampu meningkatkan dan memberikan wawasan terbaru dalamhal English Learning Teaching sehingga mampu membentuk peserta didik yang cakap dalam bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Ana Rulistiya
Guru SMP Islam Sabilillah Malang
anarulistiya79@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved