Citizen Reporter

Belajar Dari Alam Sekaligus Kerja Sama dengan Gembira Ala SD Islamic Global School

Para murid SD Islamic Global School diajak berkenalan dengan alam sekaligus dilatih bekerjasama dengan bergembira di alam terbuka.

Belajar Dari Alam Sekaligus Kerja Sama dengan Gembira Ala SD Islamic Global School
ist/citizen reporter
Outting class SD Islamic Global School. 

SURYA.co.id | SD Islamic Global School mengadakan outing class di Selecta Kota Batu, Kamis (21/3/2019).

Dalam kegiatan itu, sebanyak 110 peserta didik kelas 1 diajak berkenalan dengan alam, berkenalan dengan tanaman, dan bunga-bunga. Mereka belajar dan bermain dengan suasana terbuka, suasana alam alami, dan indah.

Tita, Wali Kelas 1A mengatakan, outing class kali ini bertujuan agar anak mampu mengambil pelajaran dari semua kegiatan yang dilakukan.

Selain itu, aktivitas ditekankan pada pembelajaran yang empiris, yaitu siswa belajar bukan hanya lewat teori, tetapi secara langsung dikenalkan dengan fenomena alam di kehidupan nyata.

“Dengan memberikan pemahaman baru, anak-anak dapat memahaminya secara mudah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Hanifah, salah satu panitia.

Rombongan dibagi dalam beberapa kelompok. Acara dimulai dengan ice breaking untuk memberi semangat kepada para siswa agar mengikuti semua agenda kegiatan yang telah disiapkan.

Beragam kegiatan dilakukan, antara lain flying fox dan main air. Mereka juga dilatih bekerja sama, mandiri, percaya diri, dan tolong menolong dalam setiap permainan.

Salah satu yang membuat riuh adalah permainan memasukkan bola ke dalam lubang, dilakukan menggunakan papan yang tengahnya berlubang. Itu dimainkan 10 orang. Mereka bekerja sama, fokus, dan saling membantu untuk memasukkan bola ke dalam lubang.

Melalui permainan itu, anak-anak diharapkan bisa memilki nilai-nilai kebersamaan dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan akhir adalah berenang. Itu menjadi penutup yang menyenangkan untuk anak-anak.

Penulis : Ach Fikri Fausi, Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Guru SD-IGS Malang

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved