Travelling

Mencari Ketenangan di Bawah Pohon Cemara Pantai Remen

Pantai Remen di Tuban tempat menyenangkan untuk menikmati pantai sembari mengobrol ataupun makan-makan dengan keluarga di bawah pohon cemara.

Mencari Ketenangan di Bawah Pohon Cemara Pantai Remen
ist/citizen reporter
Suasana Pantai Remen di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

SURYA.co.id | Pantai merupakan salah satu lokasi wisata yang sering dikunjungi pada saat-saat liburan. Di Jawa Timur, pantai selatan terkenal keindahannya dan memiliki ombak dahsyat yang membahana. Ombak pantai utara relatif lebih tenang.

Akan tetapi, ada lokasi wisata di pantai utara yang memiliki pemandangan cukup indah dan tempat yang bersih.

Pantai itu berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Orang menyebutnya Pantai Pasir Putih Remen.

Kondisi lingkungan sekitar masih sangat alami, masih bersih dari sampah walaupun banyak wisatawan berkunjung. Pasir putih dan ombak yang tenang menambah kenyamanan berkunjung di pantai. Selain itu, deretan pohon cemara juga menambah keindahan pantai.

Itu menjadi tempat menyenangkan untuk menikmati pantai sembari mengobrol ataupun makan-makan dengan keluarga di bawah pohon cemara. Puncak keindahannya adalah saat menjelang sore.

Walaupun pengelolaan pantai itu masih bisa dibilang baru, akan tetapi kebersihan dan keindahan alamnya yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Petugas di sana cukup ramah. Mereka memasang tiket masuk cukup murah, Rp 5.000,00/sepeda motor dan Rp 10.000,00/mobil. Cukup membayar satu kali saja dan tidak ditarik biaya perorangan lagi.

Mendaki Gunung Arjuno : Mencapai Puncak Adalah Bonus

Bagi mahasiswa, liburan semester akhir tahun  menjadi saat paling tepat menikmati pantai pasir putih untuk menghilangkan lelah setelah UAS.

Jika dibandingkan dengan suasana pada 2017, kunjungan akhir 2018 tampak berbeda. Pada 2017 suasana pantai masih sepi. Sekarang, suasananya sangat ramai. Banyak warung makan tersedia.

Selain itu, waktunya pas karena kebetulan air sedang surut. Di pasir putih Remen, di bagian depan bibir pantai ada dataran kecil. Ketika air surut, penunjung bisa menyeberanginya. Akan tetapi, jika air pasang cukup sulit untuk menyeberanginya.

Tempat itu merupakan salah satu tujuan para wisatawan karena dinilai sebagai spot foto yang bagus. Jika tidak bisa menyeberang, jangan kecewa. Pantai Remen masih memiliki pasir putih, air laut biru, dan juga deretan pohon cemara yang juga bagus dijadikan objek foto. Itu yang membuat Pantai Remen layak direkomendasikan sebagai tempat wisata pantai utara ketika sedang berlibur.

Jarak lokasi pantai pasir putih itu jika dari pusat kota Tuban tidaklah terlalu jauh, sekitar 20 km. Itu membutuhkan sekitar setengah jam berkendara sepeda motor ataupun mobil.

Walaupun papan penunjuk jalan ke lokasi sedikit, di zaman teknologi ini pengunjung bisa memanfaatkan Google Maps.

Rekomendasi waktu untuk mengunjungi pantai ini siang menjelang sore karena air pada jam-jam itu masih surut dan akan kembali pasang menjelang malam. Fasilitas yang tersedia yaitu warung makanan yang cukup banyak, kemudian sekitar 100 meter dari pantai ada kamar mandi, dan musala.

Penulis : Muhammad Bahtiar Syarifudin, Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Malang

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved