Citizen Reporter

Jangan Buang Sendok Plastik, IKIP Budi Utomo Malang Ajak Ibu-ibu bikin Handicraft dari Sendok Bekas

Pernahkah dipikirkan, sendok bekas itu bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih memiliki nilai guna dan seni.

Jangan Buang Sendok Plastik, IKIP Budi Utomo Malang Ajak Ibu-ibu bikin Handicraft dari Sendok Bekas
foto: istimewa
Para ibu anggota Dasa Wisma Mawar Perumahan Sukun Pondok Indah Malang diajak memanfaatkan sendok plastik bekas, Jumat-Sabtu (15-16/2/2019). 

Setelah makan nasi dalam kotak, biasanya sendok plastiknya dibuang, bukan? Stop, mulai sekarang jangan buang sendok yang didapat dari kotak makan. Sendok plastik bekas mungkin akan menjadi barang yang berakhir di tempat sampah. Namun, pernahkah dipikirkan, sendok bekas itu bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih memiliki nilai guna dan seni.

Caranya mudah, namun beberapa orang akan mengatakan malas dan merasa itu kurang kerjaan. Sendok plastik bekas bisa disulap menjadi barang yang lebih cantik seperti vas bunga, tempat pensil, pigura cermin,atau tempat lilin.

Hanya dengan menambah sedikit kreativitas dan ketelatenan, cara itu bisa mengurangi sampah rumah tangga yang jumlahnya semakin hari semakin banyak.

Pusat Penelitian dan Pengabdian (P2M) IKIP Budi Utomo Malang mengirim beberapa dosen, yaitu Dian Fitri Argarini, Yunis Sulistyorini, dan Raras Kartika Sari untuk memberi pelatihan.

Para ibu anggota Dasa Wisma Mawar Perumahan Sukun Pondok Indah Malang diajak memanfaatkan sendok plastik bekas, Jumat-Sabtu (15-16/2/2019).

Membuat tempat lilin dari sendok plastik terbilang murah dan mudah. Bahan yang perlu disiapkan yaitu sendok plastik, gunting, lem tembak, kardus bekas, cat semprot (opsional), dan manik-manik.

Langkah pembuatannya pun sangat mudah. Pertama, disiapkan sendok plastik yang akan digunakan. Jumlah sendok yang digunakan bergantung pada besar ukuran tempat lilin yang akan dibuat.

Langkah kedua, memotong sendok plastik dengan menggunting leher sendok. Selanjutnya, mewarnai sendok plastik yang sudah dipatahkan dengan cat semprot agar warna pada sendok bekas lebih senada.

Potong kardus bekas menjadi lingkaran sebagai dasar tempat lilin dan sebagai alas lilin. Tempelkan potongan sendok plastik mengikuti lingkar alas dari kardus dengan menggunakan lem tembak dari sisi luar ke sisi dalam. Terakhir, hias bagian kelopak sendok dengan manik-manik.

Mudah, bukan? Handcraft itu juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika anak mendapat tugas kerajinan dari sekolah. Ayo, lebih kreatif dengan sendok plastik bekas.

Dian Fitri Argarini
Dosen Pendidikan Matematika
IKIP Budi Utomo Malang
kejora.subuh14@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved