Lapor Cak

Akhir Pekan, Jalanan di Sekitar PTN di Surabaya Padat

Setiap akhir pekan, jalanan di sekitar lima perguruan tinggi negeri di Surabaya macet. Apa sih penyebabnya?

Akhir Pekan, Jalanan di Sekitar PTN di Surabaya Padat
surabaya.tribunnews.com/habibur rohman
Arus lalu lintas yang cukup padat di area bundaran ITS pada jam pulang UTBK. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) telah berlangsung setiap akhir pekan.

Pelaksanaan ujian yang dipusatkan di lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadikan jalan raya di sekitar PTN setiap akhir pekan cukup padat.

Terlebih saat mendekati jam ujian dan jam pulang ujian, area jalan raya dipenuhi pengendara motor dan mobil. Kebanyakan dari mereka merupakan keluarga dari peserta ujian yang ikut mengantar ke tempat ujian.

Ambarwati (45) warga Nganjuk mengungkapkan, ia sengaja mengantarkan anaknya untuk mengikuti UTBK di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Ia membawa serta suami dan sejumlah kerabatnya dalam satu rombongan mobil.

"Karena pingin kasih semangat sama sekalian lihat kampus di Surabaya makanya semua ikut,"ujarnya.

Sejak awal dia sudah menduga kondisi jalan akan padat. Makanya, ia dan keluarga berangkat sejak pukul 04.00.

"Anak saya ikut sesi pertama, jadi pagi sudah harus sampai di lokasi. Katanya teman anak saya bakalan macet, makanya saya pagi sekali berangkatnya,"tambahnya.

Senada dengan Ambar, Prayitno (51) warga Sidoarjo, menjelaskan bahwa dirinya sengaja berangkat sejak pukul 05.30 untuk menghindari kepadatan jalan. Sayangnya ia masih juga terjebak macet selama perjalanan menemani putranya UTBK di Universitas Airlangga kampus C.

"Kasian kalo berangkat sendiri jadi saya antar, kan ya deket Sidoarjo-Surabaya jadi berangkatnya sudah diawali wah ternyata jalannya macet, untung nggak telat ini anak saya ujiannya,"jelasnya.

Kepadatan jalan di sekitar area PTN juga dirasakan warga Surabaya yang hendak berakhir pekan. Jika biasanya Surabaya cukup lengang saat akhir pekan, ia justru harus menempuh waktu cukup lama saat menuju ke Royal Plaza dari Ketintang.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved