Ramadan 2019

Menu Ramadan Ala Hotel Novotel Samator Surabaya Timur, Rawon Rendah Lemak dari Daging Khas Shank

Ramadan 2019 kali ini, Hotel Novotel Samator Surabaya Timur menyediakan menu makanan spesial bagi para tamu, yaitu rawon rendah lemak

Menu Ramadan Ala Hotel Novotel Samator Surabaya Timur, Rawon Rendah Lemak dari Daging Khas Shank
TribunJatim.com/Christine Ayu Nurchayanti
Sajian rawon rendah lemak khusus untuk bulan Ramadan di Hotel Novotel Samator Surabaya Timur dan 10 Hotel Accor lainnya di Jawa Timur 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pada Ramadan 2019 kali ini, Hotel Novotel Samator Surabaya Timur menyediakan menu makanan spesial bagi para tamu, yaitu rawon rendah lemak. Rawon yang satu ini menjadi spesial karena daging yang digunakan daging rendah lemak terbaik yang diolah secara tepat untuk menjaga kelezatannya.

"Untuk daging sapinya, misalnya, saya memilih bagian yang khusus yaitu bagian shank," kata Pramu Wibawanto, Excecutive Chef Hotel Novotel Samator Surabaya Timur.

Shank atau sengkel merupakan bagian dari kaki depan sapi. Pramu menuturkan bahwa bagian itu mengandung kolagen yang baik bagi tubuh.

"Lemaknya pun teksturnya tipis sehingga rawon ini kandungan minyaknya sedikit," sambungnya.

Selain shank, bahan utama lainnya, black nut atau kluwek, juga dipilih yang berkualitas baik.

"Kami pilih black nut atau kluwek yang tua. Cara mengetahuinya, kluwek yang tua akan berbunyi 'kletek' ketika digoyangkan. Dalam pembuatan rawon, yang enak memang menggunakan kletek yang tua," jelasnya.

Tak hanya dua bahan itu, bahan-bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, cabe merah, daun jeruk, salam, serai, ketumbar, jinten, dan bumbu lainnya pun dipilih dalam keadaan bagus.

"Dalam pengolahannya pun kami lakukan dengen baik agar menghasilkan rawon yang enak, misalnya dari segi durasi pemasakan," tutur Pramu.

Untuk cara memasaknya, bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, dan cabe merah dipotong kemudian ditumis.

"Bahan-bahan yang sudah ditumis itu diblender dengan bahan-bahan lainnya yaitu kluwak, jinten, dan ketumbar," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved