Dibuka Bupati Anas, Festival Banyuwangi Kuliner Angkat Pecel Rawon

Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Festival Banyuwangi Kuliner. Kali ini yang jadi jagoan mereka adalah menu Rawon pecel.

Dibuka Bupati Anas, Festival Banyuwangi Kuliner Angkat Pecel Rawon
surabaya.tribunnews.com/haorrahman
Menu rawon pecel yang menjadi primadona di ajang Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Festival Banyuwangi Kuliner yang berlangsung pada Selasa (23/4/2019) berlangsung meriah.

Mengangkat kuliner lokal Pecel Rawon, sebanyak 152 tim peserta dari penjuru Banyuwangi berkreasi menyuguhkan makanan khas Banyuwangi ini.

Pecel rawon merupakan kuliner khas Banyuwangi yang memadukan nasi pecel dengan kuah rawon dan potongan daging . Memberikan sensasi yang unik dan nikmat di lidah.  

Acara ini juga dimeriahkan koki selebriti Vania Wibisono yang melakukan demo memasak dan menyajikan pecel rawon ala chef.

Digelar di area Taman Blambangan, ratusan peserta dari pagi menyiapkan kreasi masaknya di atas meja. 

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, mengatakan kuliner merupakan salah satu daya pikat pariwisata.

Dia menyebutkan, festival ini digelar sebagai komitmen daerah untuk mengangkat kuliner lokal menjadi lebih berdaya saing dan menjadi tuan rumah di tengah perkembangan pariwisata daerah.

“Food and fashion menjadi dua daya pikat utama pengembangan pariwisata. Makanya kami konsisten menggelar event ini untuk terus mengenalkan ragam makanan lokal kepada khalayak luas. Harapannya, kekayaan kuliner lokal mampu memikat wisatawan datang ke mari,” kata Anas saat membuka festival tersebut.

Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini memasuki tahun kelima pelaksanaan. Sebelumnya, beragam makanan khas Banyuwangi telah diangkat dan dipromosikan seperti nasi tempong, rujak soto, pecel pithik, dan ayam kesrut. Hasilnya, saat ini di Banyuwangi makin banyak rakyat yang membuka usaha kuliner makanan khas lokal dan menjadi jujugan wisatawan.

“Festival ini juga bentuk keberpihakan total kami pada kuliner lokal. Kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku usaha kuliner lokal untuk mengambil kesempatan dalam perkembangan pariwisata daerah daripada memberikan peluang ini pada franchise makanan dari luar,”  ujarnya.

Chef Vania Wibisono Pamer Bikin Pecel Rawon di Banyuwangi

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved