Chef Vania Wibisono Pamer Bikin Pecel Rawon di Banyuwangi

Chef Vania mengaku sangat menghargai kekhasan kuliner lokal Banyuwangi ini. Menurutnya, meski fusion, namun kala dihidangkan menghasilkan rasa yang me

Chef Vania Wibisono Pamer Bikin Pecel Rawon di Banyuwangi
ist
Chef Vania Wibisono (kedua dari kanan) saat memamerkan menu pecel rawon buatannya di ajang Festival Banyuwangi Kuliner 2019. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Festival Banyuwangi Kuliner kembali digelar. Kali ini festival ini mengangkat Pecel Rawon sebagai kuliner khas yang dijagokan. 

Turut hadir dalam festival ini adalah Chef Vania Wibisono, juri kompetisi masak salah satu TV nasional.

Dia mengaku sangat surprise dengan kekayaan kuliner lokal Banyuwangi yang banyak menyuguhkan hidangan fusion.

Pecel rawon yang khas Banyuwangi ini tergolong fusion, kombinasi dua makanan, yakni Pecel dan Rawon. Makanan ini sangat mudah ditemui di Banyuwangi dan biasa disantap saat sarapan dan makan siang.

Chef Vania mengaku sangat menghargai kekhasan kuliner lokal Banyuwangi ini. Menurutnya, meski fusion, namun kala dihidangkan menghasilkan rasa yang menyatu.

"Bila orang pikir makanan ini hanya sekedar campurin pecel rawon, namun ternyata bila kita makan akan menghasilkan rasa yang sangat khas dan luar biasa rasanya," kata koki jebolan Culinary Art Institute of Santa Monica, Amerika Serikat. 

Menu rawon pecel yang menjadi primadona di ajang Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini.
Menu rawon pecel yang menjadi primadona di ajang Festival Banyuwangi Kuliner tahun ini. (surabaya.tribunnews.com/haorrahman)

Dibuka Bupati Anas, Festival Banyuwangi Kuliner Angkat Pecel Rawon

Kekhasan rasa yang dihasilkan pecel rawon ala Banyuwangi ini, menurut dia, karena tidak menggunakan kayu manis atau cengkeh di bumbu rawonnya. Baik pecel maupun rawonnya, banyak menggunakan bawang putih dan bawang merah.

"Adanya bahan dasar bawang merah dan putih baik di rawon dan pecelnya inilah yang akhirnya menghasilkan cita rasa yang kaya. Bagi saya ini sangat menarik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Vania melakukan demo masak Pecel Rawon bersama istri Bupati Banyuwangi, Dani Azwar Anas. Vania yang dikenal dengan aktivitas kampanye makanan sehatnya ini, tak lupa membagikan tips memasak sehat Pecel Rawon.

"Kalau merebus sayur jangan sampai berubah warnanya, biar kandungan gizinya tidak hilang. Bahannya juga harus fresh, sehingga tampilan makanan saat sudah matang tetap menarik karena bahannya baru. Memasak daging agar lunak cukup direbus yang lama saja, tidak usah dikasih nanas dan lain-lain," jelas Vania.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved