Berita Surabaya

Mudik dan Balik Gratis 2019, Sejumlah Jalur ini Biasanya Langsung Habis saat Pendaftaran Dibuka

Mudik dan Balik Gratis 2019, sejumlah jalur ini biasanya langsung habis saat pendaftaran dibuka.

Mudik dan Balik Gratis 2019, Sejumlah Jalur ini Biasanya Langsung Habis saat Pendaftaran Dibuka
SURYA.co.id/Sofyan Arif Candra Sakti
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Fattah Jasin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Rencananya ada 20 jalur dan kota tujuan mudik dan balik gratis Dishub Jatim. Namun, biasanya ada beberapa tujuan yang akan langsung diserbu pemudik dan akan langsung habis begitu pendaftaran dibuka. 

Jurusan mudik gratis yang biasanya cepat habis adalah tujuan Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, dan Banyuwangi. Bahkan tujuan Ponorogo dan Banyuwangi bisa ludes saat hari pertama pendaftaran mudik gratis dibuka. 

"Silakan memanfaatkan waktu dengan baik. Kami memang tidak membatasi peminat mudik gratis. Selama ada kursi kosong silakan diisi," kata Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin, Jumat (19/4/2019).

Bus yang akan dioperasikan untuk Mudik gratis Lebaran 2019 ini tidak berbeda jauh dengan Lebaran 2018. Diprediksi, peminat mudik gratis tahun ini tetap tinggi karena mudik nanti juga bersamaan dengan libur sekolah.

Akan ada sekitar 170 bus khusus yang diberangkatkan dari Kantor Dishub Jatim. Mereka akan melintasi rute setiap kota di seluruh wilayah Jatim, terutama adalah jarak jauh dan menengah. 

Untuk jarak dekat seperti Kota Mojokerto, Jombang, Gresik, dan Bangkalan tak perlu ada rute khusus.

Apalagi kebanyakan warga asli daerah itu bisa mudik dengan naik motor sendiri. Perjalanan naik motor juga hanya sesaat. 

Mudik gratis digelar utamanya adalah untuk membantu warga Jatim nyaman mudik berlebaran ke kampung halaman. Mudik gratis juga untuk mengurangi pemudik yang naik motor. 

Dinilai, naik motor dengan mengangkut bawaan berisiko tinggi saat di jalan. "Sudah betahun-tahun layanan mudik gratis digelar Pemprov Jatim," kata Kadishub Fattah. 

Berikut jalur rute mudik gratis 2019 Dishub Jatim:

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved