Pemilu 2019

Kakanwil Kemenkum HAM Jatim Klaim Pemungutan Suara di Lapas dan Rutan se-Jatim Lancar, Ini Katanya

Kakanwil Kemenkum HAM Jatim klaim proses pemungutan suara di seluruh lapas dan rutan lancar

Kakanwil Kemenkum HAM Jatim Klaim Pemungutan Suara di Lapas dan Rutan se-Jatim Lancar, Ini Katanya
surya/m taufik
Kakanwil Kemenkum HAM Jatim, Susy Susilawati, saat meninjau salah satu TPS di Lapas Kelas I Surabaya di Porong Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Proses pemungutan suara di seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) se-Jatim terpantau berjalan lancar. Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur, Susy Susilawati, saat berkunjung ke Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong Sidoarjo.

"Semua berjalan lancar dan cepat," ujar Susy usai melihat TPS di dalam Lapas Porong dan berbincang dengan petugas TPS.

Demikian halnya pantauan di beberapa wilayah yang sudah dikunjunginya pada Pemilu 2019 ini, disebut semua berjalan lancar dan aman.

"Laporan yang kami terima dari lapas dan rutan seluruh Jawa Timur, sejauh ini juga berjalan lancar dan baik. Semoga semua terus lancar semua tuntas," sambung Susy.

Di Lapas Porong sendiri tercatat ada 2.626 orang warga binaan, dengan rincian enam orang napi teroris, 14 orang terpidana mati, 45 orang terpidana seumur hidup.

Selain itu, terdata juga di dalam Lapas terdapat 70 orang terpidana korupsi, 1.760 terpidana kasus narkoba, 684 pidana umum, dan 6 napi kasus trafficking.

Dari jumlah itu, hanya 776 warga binaan yang bisa menggunakan hak suaranya setelah mendapat surat panggilan dari masuk daftar pemilih tambahan (DPTb).

"Di lapas dan rutan lain juga demikian. Memang tidak semua dapat," lanjut Susy.

Penulis: M Taufik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved