Rumah Politik Jatim

KPU Jatim Klaim Persiapan Pemilu 2019 Sudah 100 Persen, Kekurangan Hologram Bisa Diganti Stempel

KPU Jatim memastikan bahwa semua persiapan untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 besok sudah siap seratus persen

KPU Jatim Klaim Persiapan Pemilu 2019 Sudah 100 Persen, Kekurangan Hologram Bisa Diganti Stempel
surya/fatimatuz zahro
Ketua KPU Jatim Choirul Anam usai rakor bersama forkopimda Jawa Timur mulai Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB, Kajati Jawa Timur Sunarta, serta Ketua Bawaslu Mohammad Amin bersama forkopimda Kabupaten dan Kota Blitar, Selasa (16/4/2019). 

SURYA.co.id | BLITAR - KPU Jatim memastikan bahwa semua persiapan untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 besok sudah siap seratus persen. Hal itu disampaikan Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam usai rakor bersama forkopimda Jawa Timur mulai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe PB, Kajati Jawa Timur Sunarta, serta Ketua Bawaslu Mohammad Amin bersama forkopimda Kabupaten dan Kota Blitar, Selasa (16/4/2019).

"Sudah siap semua, kerusakan logistik, surat suara yang kurang sudah kita penuhi dan kita ganti untuk yang rusak. Hari ini sudah selesai semua, kotak suara juga sudah 100 persen," kata Choirul.

Tidak hanya itu, di 103.717 TPS se Jawa Timur termasuk daftar TPS berbasis DPT tambahan dilaporkan ke KPU juga sudah siap. KPPS sudah dilantik semua oleh KPU. Bilik suara juga logistik siap didistribusikan malam ini hingga dini hari nanti.

Lebih lanjut, Choirul Anam mengatakan bahwa yang selama ini belum fix adalah masalah hologram.

Masih ada 1 persen TPS belum menerima hologram. Kendala pencetakan hologram yang tidak bisa cepat menjadi masalah utama.

Namun begitu, Choirul Anam menegaskan bahwa masalah ini sudah disiapkan solusinya oleh KPU.

Jika TPS belum mendapatkan holograk untuk berita acara, maka bisa digantikan dengan stempel KPU.

"Hologram yang beberapa masih ada kekurangan, tapi tidak terlalu besar, maka bisa digantikan dengan stempel KPU kabupaten Kota setempat," tegasnya.

"Jadi mulai surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten & Kota dan DPD semua sudah tercukupi. Jadi prinsip semua logistik sudah siap," tegas Anam.

Lebih lanjut Anam menegaskan surat suara sudah clear. Losgistik rumah maupun cadangan sudah siap di TPS sehingga ia memastikan pemilu bisa berjalan dengan lancar.

"Jadi logistik berupa kertas suara, kotak, bilik suara dan semua sudah kita penuhi, terdistribusi dan sudah siap menggelar pemilu besok jam 7," pungkasnya.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved