Berita Kampus ITS

ITS kembali Berlaga di Kontes Robot Indonesia, Robot Ichiro Melenggang ke Kompetisi Nasional

ITS kembali berlaga di Kontes Robot Indonesia, Robot Ichiro melenggang ke kompetisi nasional.

ITS kembali Berlaga di Kontes Robot Indonesia, Robot Ichiro Melenggang ke Kompetisi Nasional
surya.co.id/sulvi sofiana
Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari menyaksikan performa robot soccer sebelum berangkat dalam KRI 2019 di Gedung Pusat Robotika ITS, Selasa (16/4/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sepak terjang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tidak pernah diragukan. Prestasi yag diraih dari tahun ke tahun terus meningkat.

Bahkan Tim Ichiro untuk kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid telah mendapatkan “tiket” langsung untuk berlaga di tingkat nasional, tanpa perlu mengikuti Regional IV.

Pasalnya tim Ichiro tahun lalu masuk dalam empat besar nasional.

Sementara itu, sejumlah robot lain juga disiapkan untuk mulai berkompetisi di penyisihan regional. Kontingen ITS ini pun diberi arahan dan dilepas secara resmi oleh Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari di Gedung Pusat Robotika ITS, Selasa (16/4/2019).

Koordinator pembimbing Tim Robotika ITS, Rudy Dikairono mengungkapkan untuk kualifikasi KRI tingkat Regional IV yang akan berlangsung pada 21 – 23 April 2019 di Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Tim robotika mengirimkan empat delegasi tim terbaik kami untuk lima kategori yang akan dipertandingkan,"urainya.

Keempat tim yang akan berangkat ke Mataram adalah tim Kontes Robot ABU (Asia-Pacific Broadcasting Union) Indonesia (KRAI) yang bernama RISMA, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) yakni tim Abinara-1, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dengan nama tim VI- ROSE, dan KRSBI Beroda yang bernama tim IRIS.

Tim Robotika ITS yang akan bertarung terdiri dari 47 mahasiswa dan berasal dari enam fakultas yang berbeda.

"Secara teknis, kami telah meningkatkan performa robot, baik dari segi kecepatan maupun algoritma pemrogramannya," ungkap dosen Teknik Elektro ITS ini.

Rudy juga menjelaskan bahwa aturan dan tema dari tiap kategori kontes berbeda dari tahun ke tahun.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved