Berita Sidoarjo

Alasan Pemkab Sidoarjo Tunjuk BPR Delta Artha untuk Kelola Seluruh Dana Desa

Alasan Pemkab Sidoarjo Tunjuk BPR Delta Artha untuk kelola seluruh dana desa.

Alasan Pemkab Sidoarjo Tunjuk BPR Delta Artha untuk Kelola Seluruh Dana Desa
surya.co.id/m taufik
Bupati Sidoarjo bersama sejumlah pejabat di Sidoarjo saat peresmian kantor baru BPR Delta Artha, Senin (15/4/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Dana desa di semua wilayah Kabupaten Sidoarjo bakal dikelola BPR Delta Artha. Ini setelah awal April 2019 lalu, terbit SK Bupati Sidoarjo terkait pengelolaan dana desa oleh bank milik Pemkab Sidoarjo tersebut.

Dengan tambahan kewenangan ini, diharapkan Delta Arta juga bisa terus berkembang.

"Selain dana nasabah dan pengelolaan dana di Pemkab Sidoarjo yang sudah ada, sekarang ini uang-uang Desa juga dikelola di sini," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di sela peresmian kantor baru BPR Delta Artha, Senin (15/4/2019).

Dengan tambahan kewenangan itu, diharapkan BPR Delta Artha juga bisa semakin bagus performanya. Serta semakin bagus layanan dan pendapatan labanya untuk disetor ke khas daerah.

"Kami akui, Delta Artha terus berkembang pesat. Dari tahun 2000 sampai sekarang sudah banyak prestasi. Selain juga sudah punya kantor baru yang bagus, Delta Artha juga punya beberapa cabang atau kantor kas di sejumlah kecamatan," lanjut bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Sofia Krisnajati Atmaja selaku Dirut BPR Delta Artha menyampaikan bahwa setiap tahun memang pendapatan atau setoran Delta Artha PAD Sidoarjo terus meningkat. Tahun lalu Rp 5,8 miliar, tahun ini targetnya juga meningkat jadi Rp 6,5 miliar.

"Dipercayanya Delta Artha sebagai pengelola dana desa oleh Pemkab Sidoarjo, tentu juga bakal meningkatkan performa kinerja kami. Semoga kami juga bisa terus meningkatkan kinerja dan pelayanan," ujar Sofia.

Terkait pengelolaan dana desa, disebutnya sejauh ini masih proses pembukaan rekening di masing-masing kecamatan. Totalnya ada 322 desa di Kabupaten Sidoarjo yang akan menyimpan uangnya di bank milik Pemkab Sidoarjo tersebut.

"Dalam hal ini, kami juga menyiapkan program layanan antar. Jadi desa yang butuh pencairan dananya, bisa kami antar ke desanya langsung. Bisa dari kantor pusat atau melalui kantor-kantor kas di beberapa kecamatan," lanjut dia.

Saat ini, Delta Artha sudah berusia 19 tahun. Bersamaan dengan peringatan hari ulang tahunnya, BPR Delta Artha juga menempati kantor barunya yang megah di Jalan A Yani Sidoarjo.

Kantor tujuh lantai itu berdiri di atas lahan sekitar 500 meter persegi. Dua lantai pertama dipakai untuk pelayanan, tiga lantai untuk perkantoran, sedangkan paling atas untuk fasilitas rooftop, dan lantai dasar untuk parkir serta pintu utama.

Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved