Single Focus

Muay Thai Ajarkan Self Defense sekaligus Membentuk Badan

Muay Thai Ajarkan self defense sekaligus membentuk badan juga memproteksi diri.

Muay Thai Ajarkan Self Defense sekaligus Membentuk Badan
surya.co.id/ahmad zaimul haq
BAKAR KALORI - Bella Yunita Sari dan Nia Victoria berlatih Muay Thai dipandu pelatih Ronny Ja di Atlas Sports Club Surabaya, Jumat (12/4). Olahraga yang menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot itu memadukan gerakan yang membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak. Variasi gerakan-gerakannya dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kardiovaskular sekaligus membentuk otot sehingga tubuh lebih ramping. 

MASING - MASING perempuan memiliki cara tersendiri untuk mempertahankan atau menjaga dirinya. Tak terkecuali yang dilakoni Nia Victoria dan Ghina Herdinindah. Baik Nia dan Ghina memilih belajar seni bela diri asal Thailand, muay thai.

"Saya belajar muay thai karena memang untuk pertahanan diri, apalagi saya perempuan. Dalam muay thai, ada teknik-teknik khusus yang bisa saya terapkan. Kalau ada apa-apa kuda-kuda saya juga mantap," ucap Nia.

Selain itu, lanjutnya, olahraga ini juga sebagai kardio. "Badan saya kecil jadi nggak bisa kardio terlalu berat. Muay thai kan lebih ke power," terangnya.

Mahasiswi S-1 Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini mengaku, baru terjun dalam dunia muay thai sejak November 2018.

"Saya masih pemula. Gerakannya belum banyak. Beberapa gerkan dasar yang biasanya ia lakukan antara lain upper cut, naik lutut cup, strike, low kick, dan lain-lain," papar Nia.

Selain muay thai, ia juga melakukan olahraga angkat beban untuk membentuk badan.

"Dulu saya juga pernah ikut zumba dan senam aerobik," imbuhnya.

Penasaran
Lain lagi dengan Ghina Herdinindah (24), yang mulai aktif muay thai karena ingin menerapkan gaya hidup sehat dan membentuk tubuh.

Ia mulanya penasaran dengan muay thai, karena sepertinya lebih cocok untuknya dibanding jujitsu atau karate.

"Olahraga yang termasuk martial arts ini lebih seru, karena diajarkan untuk self defense, sekaligus membentuk badan. Menurutku, perempuan perlu belajar martial arts, karena tidak hanya jaga kesehatan dan membentuk tubuh, tapi juga proteksi diri," tutupnya. (ayu/del)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved