Cak Imin Tutup Nusantara Bertaukhid di Masjid Sunan Ampel dan Doakan Pemilu Lancar Tanpa Konflik

Tidak hanya untuk persatuan, doa yang dipanjatkan dalam forum ini juga adalah doa untuk kelancaran Pemilu 2019 yang akan dihelat tiga hari ke depan.

Cak Imin Tutup Nusantara Bertaukhid di Masjid Sunan Ampel dan Doakan Pemilu Lancar Tanpa Konflik
surabaya.tribunnews.com/fatimatuz zahro
Muhaimin Iskandar, inisiator Nusantara Bertaukhid hadiri puncak acara yang berlangsung hari ini di Masjid Sunan Ampel, Minggu (14/4/2019). 

SURYA.co.id  | SURABAYA - Puncak gelaran Nusantara Bertaukhid berlangsung serentak hari ini, Minggu (14/4/2019).

Muhimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin hadir langsung di Masjid Sunan Ampel Surabaya untuk bergabung dengan ribuan peserta pengajian hataman quran.

Tidak sendiri, sejumlah tokoh seperti Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Halim Iskandar, Fandi Utomo, Masduki Toha, Arzetti Bilbina juga tampak menyatu dengan para jamaah yang sudah mengaji menghatamkan Alquran sejak pagi.

Jauh dari nuansa politik lantaran sudah memasuki masa tenang kampanye, puncak acara Nusantara Bertaukhid tersebut sukses diikuti oleh ribuan masyarakat. Bahkan beberapa rombongan berangkat dari luar kota.

"Acara Nusantara Bertaukhid ini menjadi bagian ikhtiar yang harus dilantjutkan dengan doa. Bagian dari usaha kita untuk menjadi bangsa yang bersatu, bangsa yang kokoh dalan persaudaraan," kata Cak Imin, inisiator Nusantara Bertaukhid, usai menyamaikan pidato kebangsaan dalam acara tersebut.

Menurutnya, mau tidak mau setiap ikhtiar atau usaha harus dilakukan. Namun setiap manusia juga harus menggantungkan hasil usaha yang dilakukannya dengan doa.

"Maka kita paku doa hari ini di tiga titikm yaitu di Papua, di Nanggroe Aceh Darussalam dan di Masjid Sunan Ampel ini. Dengan memaku doa ini, maka insyaalllah nggak akan goyah persatuan kita," tegas Cak Imin.

Tidak hanya untuk persatuan, doa yang dipanjatkan dalam forum ini juga adalah doa untuk kelancaran Pemilu 2019 yang akan dihelat tiga hari ke depan. Cak Imin berharap Pemilu yang akan menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan bisa berjalan lancar.

"Kita doakan semua ikhtiar kita sukses. Terutama Pemilu, semoga lancar tidak ada gejolak, tidak ada konflik, semua berjalan mulus. Bahkan kalau bisa lebih mulus dibandingkan Pemilu 2014," katanya.

Dalam kegiatan itu, Cak Imin juga menyempatkan diri untuk ziarah ke Makan Sunan Ampel dengan didampingi oleh imam masjid Sunan Ampel dan juga sejunlah tokoh Jawa Timur.

Menambahkan apa yang disampaikan Cak Imin, Fandi Utomo mengatakan kegiatan kali ini merupakan puncak kegiatan Nusantara Bertaukhid yang telah digelar sejak satu bulan yang lalu di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Jadi kegiatan ini kan bagian dari kegiatan Nusantara Mengaji, yang digelar di tiga lokasi sekaligus yakni Aceh, Papua, dan Surabaya. Khusus di Surabaya ditempatkan di masjid paling bersejarah, yakni Masjid Sunan Ampel," jelas mantan dosen ITS ini.

Dalam kegiatan ini juga sebagai bentuk ikhtiar untuk menyatukan Indonesia dan berdoa kepada Tuhan agar Pemilu kali ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan peminpin yang pro rakyat.

"Ini juga sebagai bentuk kepasrahan kita, setelah kita berkihtiar sekian panjang, mudah mudahan pemilunya lancar, aman, tertib dan damai, dan menghasilkan pemimpin yang baik untuk Indonesia, amanah, dan pro rakyat, Insyaallah," pungkasnya.

Caption
Muhaimin Iskandar, inisiator Nusantara Bertaukhid hadiri puncak acara yang berlangsung hari ini di Masjid Sunan Ampel, Minggu (14/4/2019). Fatimatuz zahroh

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved