Citizen Reporter

Sukses dengan Rancangan dan Strategi, BI Corner UIN Maulana Maliki Malang Bagi Resep Jadi Pengusaha

Sukses dengan Rancangan dan Strategi, BI Corner UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membagi resep jadi pengusaha.

Sukses dengan Rancangan dan Strategi, BI Corner UIN Maulana Maliki Malang Bagi Resep Jadi Pengusaha
foto: istimewa
Seminar kewirausahaan oleh BI Corner di Ruang Perpustakaan Pusat lantai 1 UIN Maulana Maliki Malang, Kamis (14/3/2019). 

BAGI mahasiswa, menjadi pengusaha sukses pasti memiliki sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karena itu, banyak sekali kegiatan seminar atau kajian tentang kewirausahaan yang diadakan khusus untuk mahasiswa. Salah satunya adalah kajian kewirausahaan yang diadakan BI Corner UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

Kajian kewirausahaan kali itu memiliki tema How to be Successful Young Entrepreneurs di Ruang Perpustakaan Pusat lantai 1 UIN Maulana Maliki Malang, Kamis (14/3/2019). Pematerinya cukup menarik, yakni Lailatul Farida, owner fashion Laila Ghani Syar’i.

Dalam pemaparan materi, Laila banyak menunjukkan langkah yang harus dilakukan untuk menjadi pengusaha. Salah satunya adalah kesadaran setiap orang bisa menjadi wirausaha. Hanya saja, mereka harus bisa menggali semangat berwirausaha terlebih dahulu.

Hal itu karena kadang-kadang ada saja orang yang lebih memilih berada di zona nyaman dengan menjadi pegawai. Sering itu karena takut mengambil risiko dalam berwirausaha padahal dia memiliki potensi untuk menjadi seorang wirausaha.

Menurutnya, dengan berani mengambil risiko saja tidaklah cukup. Itu harus diimbangi dengan perencanaan dan strategi yang matang untuk jangka waktu ke depan sehingga masih bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk apabila harus menanggung risiko yang ada.

Selain menjelaskan tentang cara menjadi pengusaha, Laila juga banyak bercerita tentang kendala atau permasalahan yang akan dihadapi pengusaha sesuai dengan yang dialami selama berusaha mengembangkan usaha fashion miliknya.

Hal itu tentunya menambah semangat para peserta kajian dalam menerima materi. Tak jarang para peserta sampai tertawa saat menyimak cerita Laila. Materi yang diberikan mudah dicerna mahasiswa.

Kajian seperti itu rutin diadakan BI Corner UIN Maliki Malang. Dua minggu sekali acara digelar dengan tema seputar ekonomi.

Eko Junaidi Setiawan
Mahasiswa Jurusan Manajemen
UIN Maliki Malang
ekojunaidi152503@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved