Citizen Reporter

Literasi Tidak hanya Teori, TBM Wilayah Kecamatan Wonokromo Menjawabnya lewat Kegiatan ini

Literasi tidak hanya teori, TBM wilayah Kecamatan Wonokromo menjawabnya lewat kegiatan ini.

Literasi Tidak hanya Teori, TBM Wilayah Kecamatan Wonokromo Menjawabnya lewat Kegiatan ini
foto: istimewa
Workshop mendongeng di TBM RW 4 Ngagelrejo Surabaya pada Jumat (15/3/2019) pukul 13.00 – 15.00 WIB. 

BERBICARA tentang literasi, tidak akan ada habisnya. Sejatinya hidup manusia itu membutuhkan kemampuan berliterasi yang baik.

Kodrat manusia sebagai makhluk sosial sangat membutuhkan kemampuan dalam berliterasi. Mulai dari kemampuan berbicara dan menulis sebagai cara berkomunikasi sampai dengan menggunakan gawai. Kemampuan berliterasi yang baik akan berpengaruh pada kualitas hidup manusia itu sendiri.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan itu, taman baca masyarakat (TBM) wilayah Kecamatan Wonokromo menggelar Workshop Mendongeng dan Menulis. Workshop dibagi dalam dua hari pelaksaan. Workshop mendongeng diadakan Jumat (15/3/2019) pukul 13.00 – 15.00 di TBM RW 4 Ngagelrejo Surabaya.

Sementara untuk workshop menulis diadakan Sabtu (16/3/2019) pukul 13.00-15.00 di Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo.

Para peserta kedua workshop itu adalah perwakilan pengunjung anak dari setiap TBM di wilayah Wonokromo. Dari total TBM di Wonokromo ada 32 titik lokasi.Peserta workshop mendongeng 33 anak dan workshop menulis 35 anak.

Workshop mendongeng memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam berkomunikasi, terutama mendongeng.

Dengan diberi contoh dan stimulan yang menarik, para peserta selanjutnya belajar merangkai cerita sekaligus praktik mendongeng. Narasumber yang memberikan materi adalah Nobhita bersama boneka Chika-nya dan Handoko bersama boneka Ubay.

Workshop menulis memberikan pengetahuan dan pengalaman baru. Menulis tidak hanya ada di dunia sekolah saja, bagi pengguna sosmed tentunya membutuhkan kemampuan menulis yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Workshop itu memberikan pelatihan menulis yang baik dan jelas serta bijak. Sebagai narasumber workshop menulis hadir para sukarelawan pengajar dari FLP Surabaya.

Dari workshop mendongeng itu diharapkan para peserta mampu mendongeng serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk berekspresi.

Sementara dari workshop menulis diharapkan agar para peserta mampu menuliskan ide pemikiran, pendapat, dan isi hatinya dengan baik, jelas, dan bijak.

Jika selama ini banyak didengar jargon literasi, maka TBM se-wilayah Wonokromo memberikan aksi literasi yang nyata. Jadi, mari wujudkan literasi dalam aksi nyata agar tak sekadar teori literasi.

Nur Hayati
Petugas Perpustakaan Kelurahan Ngagelrejo
perpusngagelrejo@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved