Berita Surabaya

Alasan Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS Gelar Mechanical Medical Check Up

Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS mengajak para civitas akademika untuk memeriksakan kondisi kesehatan dalam 'Mechanical Medical Check Up

Alasan Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS Gelar Mechanical Medical Check Up
surabaya.tribunnews.com/Christine Ayu Nurchayanti
seorang mahasiswi ITS sedang memeriksakan matanya dalam 'Mechanical Medical Check Up', Jumat (12/4/2019) 

Alasan Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS Gelar Mechanical Medical Check Up

SURYA.co.id - SURABAYA - Departemen Kesejahteraan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS mengajak para civitas akademika untuk memeriksakan kondisi kesehatan dalam 'Mechanical Medical Check Up', Jumat (12/4/2019).

Acara yang diselenggarakan di Gedung Teknik Mesin ITS ini tampak dihadiri oleh puluhan mahasiswa, staf, dan civitas akademika yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai kondisi kesehatan tubuh mereka.

Kali ini, terdapat empat pemeriksaan yang dihadirkan. Yaitu pemeriksaan laboratorium oleh Laboratorium Kedungdoro, pemeriksaan mata oleh RS Mata Undaan, pemeriksaan gigi oleh FKG Unair, serta cek chips oleh KSR Unair.

Kegiatan ini, tutur Bagas Ramadhan, ketua pelaksana, baru pertama kali diselenggarakan oleh Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Mesin FTI ITS.

"Sebenarnya kegiatan ini merupakan bentuk respon kami atas informasi beberapa alumnus yang tidak diterima kerja karena gagal di tes kesehatan," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, ia dan rekan-rekannya menginisiasi untuk mengadakan kegiatan ini. 

Bungsu Arif, humas RS Mata Undaan, menuturkan bahwa kali ini pihaknya memberikan slot maksimal lima puluh orang bagi yang ingin memeriksakan mata.

"Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan mata secara dasar. Pertama menggunakan Aautomatic Refrakto Kerarometer (ARK) untuk mengetahui kondisi mata seperti mendeteksi minus atau silinder," tutur Bungsu.

Setelah itu, lanjutnya, agar lebih akurat, dipastikan menggunakan trial lens.

"RS Mata Undaan memang secara rutin melaksanakan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan mata di masyarakat, termasuk di sekolah atau universitas," ungkap Bungsu.

Salah satu peserta cek kesehatan, Rezky Anugrah Wicaksono, mahasiswa Teknik Mesin semester 8 menuturkan bahwa ini pertama kalinya ia memeriksakan kesehatan tubuhnya.

"Saya mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh teman-teman ini. Karena kan biasanya anak-anak itu malas memeriksakan kesehatannya, jadi acara ini bisa mewadahi," pungkasnya.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved