Berita Sidoarjo

13 Warga Binaan Lapas Porong Ikut UNBK Kejar Paket C, Ini Penjelasan Kalapas

Sebanyak 13 warga binaan Lapas Porong mengikuti Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) Kejar Paket

13 Warga Binaan Lapas Porong Ikut UNBK Kejar Paket C, Ini Penjelasan Kalapas
istimewa
Suasana UNBK Kejar Paket warga binaan Lapas Porong, Sidoarjo, Jumat (12/4/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Sebanyak 13 warga binaan Lapas Porong mengikuti Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) Kejar Paket tahun ajaran 2018/2019. Kepala Lapas Porong Kelas I Surabaya, Suharman, mengatakan UNBK tersebut digelar di Aula Sugeng Handrijo Lapas Porong.

"Untuk jadwal ujiannya bertahap. Mulai hari Jumat (12/4/2019) hingga 12 Mei mendatang. Pada hari pertama ini khusus untuk ujian Paket C atau setara SMA," kata Suharman kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id), Jumat (12/4/2019).

Ia menuturkan para warga binaan yang terlibat berbagai perkara mengikuti UNBK seperti siswa di sekolah formal.

"Selama pelaksanaan ujian, ada juga pengawasnya. Total ada enam orang pengawas. Dua orang petugas lapas, dua orang tenaga pengajar, dan dua orang lainnya dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo," sambungnya.

Nampak terlihat para warga binaan tersebut serius dalam mengerjakan ujian melalui komputer.

"Untuk hari ini ada dua sesi mata pelajaran yang diujikan. Sesi pertama pukul 08.30 WIB-10.30 WIB adalah Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk sesi kedua pukul 13.30 WIB-15.30 WIB adalah Geografi," tambahnya.

Ia menerangkan saat ini di dalam lapas terdapat 33 warga binaan yang mengikuti pendidikan nonformal sanggar kegiatan belajar kesetaraan.

"Pada periode ini, terdapat 13 warga binaan yang memenuhi syarat mengikuti UNBK," imbuhnya.

Suharman menjelaskan pihaknya akan berupaya agar para warga binaan dapat memperoleh hak pendidikan. Selama menjalani masa hukuman di Lapas Kelas I Surabaya.

"Ketika nanti bebas dan kembali ke masyarakat. Mereka (warga binaan) sudah memiliki ijazah yang bisa digunakan untuk mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak," tandasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved