Citizen Reporter

LMI Unit Layanan Malang Gelar Baksos, Masyarakat Pedesaan agar Dapat Akses Kesehatan

LMI Unit Layanan Malang menggelar baksos, masyarakat pedesaan agar dapat akses kesehatan.

LMI Unit Layanan Malang Gelar Baksos, Masyarakat Pedesaan agar Dapat Akses Kesehatan
foto: istimewa
Baksi sosial (Baksos) Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Unit Layanan Malang di Dusun Sumberingin, Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Minggu (17/3/2019). 

KESEHATAN adalah salah satu kebutuhan dasar hidup manusia yang harus dipenuhi agar bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang produktif. Itu untuk menunjang terpenuhinya kebutuhan yang bersifat sosial dan ekenomis.

Saat ini, tidak semua orang dapat menjaga kesehatan dengan baik. Banyak faktor yang menyertai, di antaranya faktor ekonomi yang membuat orang tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan. Itu terjadi di dusun-dusun tertentu di daerah pedesaan.

Hal itu pula yang dialami warga Dusun Sumberingin, Desa Sumberdem, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Sebagian warga di daerah yang dekat dengan kawasan wisata Gunung Kawi itu jarang mendapat akses kesehatan dengan baik. 

Itu sebabnya, Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Unit Layanan Malang mengadakan bakti sosial, Minggu (17/3/2019).

Meski hujan, sekitar 100 orang hadir dalam acara yang didukung sukarelawan dari komunitas Vateach.id, Oneam.co, dan Rohis Kampus UB.

Mengecek tekanan darah, gula darah, kolesterol, pemberian obat dan vitamin, serta konsultasi gizi adalah beberapa kegiatan dalam baksos.

Bagas Putra Pradana, ketua tim medis menemukan fakta beberapa warga yang mengalami keluhan kesehatan yang harus ditangani dengan serius yaitu hepatitis.

Salah satu peserta Ny Juniem (48), mengaku baru dua kali periksa kesehatan setelah sebelumnya di puskesmas karena sakit.

“Seumur hidup ya baru satu kali ini saja saya periksa kesehatan Pak,” ujar Jasiman (50), peserta yang lain.

Sementara itu, perwakilan dari LMI, Haritsya Khulud mengungkapkan, acara itu dimaksudkan agar masyarakat khususnya yang berada di pedesaan lebih memahami dan menyadari pentingnya kesehatan.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved