Citizen Reporter

Taman Baca = Taman Aktivitas, Ubah Mindset Perpustakaan Tak hanya Tempat Membaca

Taman Baca = Taman Aktivitas, ubah mindset perpustakaan tak hanya tempat membaca.

Taman Baca = Taman Aktivitas, Ubah Mindset Perpustakaan Tak hanya Tempat Membaca
foto: istimewa
Para peserta berbagai lomba digelar petugas TBM se-Kecamatan Genteng, di TBM RW 2 Kelurahan Genteng, foto bersama usai acara, Sabtu (16/3/2019) . 

SIAPA yang masih beranggapan Taman Baca Masyarakat (TBM) atau perpustakaan hanya tempat membaca? Mulai sekarang ubah mindset itu sebab banyak hal positif dapat dilakukan pengunjung TBM di Kecamatan Genteng, Surabaya.

Itu seperti kegiatan gabungan yang diadakan petugas TBM se-Kecamatan Genteng, Sabtu (16/3/2019) di TBM RW 2 Genteng. Acara diikuti 50 peserta anak usia SD dengan lomba menulis cerpen, membaca puisi, dan menyusun puzzle dari stik es krim.

Mereka ingin menggiatkan literasi masyarakat di wilayah Genteng serta menggali minat bakat anak-anak dalam menulis dan membaca, serta memperkuat tali persaudaraan sesama warga Kecamatan Genteng.

Novi, petugas TBM RW 2 Genteng, sebagai tuan rumah membuka kegiatan ini. Peserta telah mempersiapkan diri, mental, serta kerangka cerita bagi mereka yang mengikuti lomba menulis cerpen.

Sebelumnya, Rabu (13/3/2019), peserta lomba menulis cerpen mendapatkan bekal menulis cerpen dalam workshop bertema Berkarya dengan Tulisan, Namaku Kan Abadi yang diikuti 25 peserta.

Dengan adanya pembekalan itu semakin mantaplah mereka untuk menggoreskan karya emas yang siap untuk disajikan dan dinikmati para pembaca. Tidak hanya pembekalan menulis cerpen, namun membaca puisi pun dibekali cara pembacaan puisi oleh petugas TBM, Kurniawati yang memiliki dasar dalam dunia bahasa dan sastra Indonesia.

Kegiatan itu semakin meriah dan pecah ketika ice breaking diberikan kepada seluruh peserta. Tak lupa juga ada door prize yang dibagikan kepada peserta sembari menunggu juri menilai karya peserta.

Mereka larut dalam kegiatan ini hingga pada pengumuman pemenang lomba.

Juara satu masing-masing lomba yaitu lomba menulis cerpen diraih Anisa dari RW 12 Kapasari, lomba membaca puisi diraih Nayla dari RW 5 Peneleh, dan lomba menyusun puzzle diraih Isya dari RW 4 Genteng. Datang ke TBM lagi, ya. Selalu ada kegiatan menarik di sana.

Kurniawati Trihadi Widyana
Petugas Teknis Perpustakaan Kota Surabaya
kurniawatizhafira@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved