Citizen Reporter

Mading Motivasi Sukses Ujian, Dukungan Siswa SMA St Louis 2 Surabaya terhadap Kakak Kelas

Mading motivasi sukses ujian, dukungan siswa SMA St Louis 2 Surabaya terhadap kakak kelas.

Mading Motivasi Sukses Ujian, Dukungan Siswa SMA St Louis 2 Surabaya terhadap Kakak Kelas
foto: istimewa
Para siswa SMA St Louis 2 Surabaya secara bersama-sama membuat mading motivasi untuk kakak-kakak kelasnya yang sedang menghadapi ujian. 

UNGKAPAN yang menumbuhkan semangat untuk menyelesaikan ujian menjadi bekal bagi siswa yang akan ujian. Ungkapan itu dipasang di majalah dinding (mading) sekolah.

“Semangat ya Kak. Kalian pasti bisa mendapatkan yang terbaik. Tatkala tiba waktu bagimu membentangkan sayap perkasa, terbang, terbanglah lebih tinggi, lebih tinggi melampaui batasmu.Wish you all the best, semangat Kakak.”

Tulisan lain juga sanggup membuat tersenyum lebar dan menambah keyakinan untuk melewati ujian. Tulisan-tulisan itu menunjukkan kepedulian kepada kakak kelas.

“Kak, semangat ya USBN dan UNBK-nya. Semoga lulus semua, diterima di universitas yang diinginkan dan cita-citanya tercapai. Selalu berpikir bahwa kakak mampu maka kakak bisa melewati ujian dengan baik dan mendapat hasil yang baik pula.”

Tulisan-tulisan itu dibuat Vivia, Eclesion, Charisma, para siswa kelas X MIPA.1 dan Sagita, siswa kelas X IPS.2 bersama siswa kelas X lainnya mengisi mading motivasi di lantai dasar SMA St Louis 2 Surabaya. Selain mading motivasi ada juga poster yang dibuat para siswa kelas XI.

Mading motivasi dikerjakan bersama. Setiap kelas diberi satu lembar karton dan kertas origami untuk menulis kata-kata positif yang mendukung kakak kelasnya menghadapi ujian. Ada yang menulis puisi, doa, pantun, maupun kata-kata bijak. Setelah terkumpul, karya yang dibuat ditata dan dilengkapi dengan foto kelas kemudian ditempel di papan pengumuman.

Siswa kelas XI membuat poster dengan proses pengerjaan menggunakan smartphone dengan aplikasi canva, adobe, atau photoshop. Naskah diketik di masing-masing smartphone kemudian dikirim di grup kelas lalu diedit hingga menjadi sebuah poster.

“Jangan jadikan kelemahan sebagai halangan meraih kesuksesan. Usahamu selama ini jika digabungkan dengan tekad dan keinginanmu itu akan menjadi kesuksesan”, tulis Calvyn dan Tere, siswa kelas XI MIPA.1 di poster beridentitas @spasi_sloud. Selain yang serius, ada juga yang lucu, seperti tulisan Anton, “Jangan cemas, berat. Kamu ngga akan kuat. Fokus saja.”

Mading maupun poster yang berisi puisi, pantun, kata bijak, renungan, dan doa merupakan bagian dari program yang disiapkan sekolah untuk memberi dukungan semangat siswa kelas XII menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kegiatan itu diselenggarakan 6-14 Maret 2019.

Menurut Bernadus Widodo, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, ada dua langkah yang dilakukan sekolah untuk menyiapkan siswa menghadapi ujian. Pertama, kesiapan mengerjakan soal-soal ujian.

Ada bimbingan belajar yang dilaksanakan sejak semester gasal, try out, pembelajaran dengan jadwal khusus, dan yang kedua, pembinaan motivasi.

“Pembinaan motivasi di bawah koordinasi Bimbingan Konseling dimaksudkan untuk membangun mental positif menghadapi ujian, supaya anak tidak cemas, takut, terutama lebih percaya diri dan memberikan penyegaran suasana agar siswa tidak jenuh,” kata Bernadus.

Ia menambahkan, ada juga persiapan secara teknis seperti jaringan internet maupun sarana lainnya serta sosialisasi kepada orang tua. Itu terutama agar orang tua turut mendampingi anak belajar di rumah.

Selain pendampingan dari guru Bimbingan Konseling dan wali kelas, sekolah mendatangkan narasumber pembinaan motivasi. Narasumber didatangkan dari Fakultas Psikologi Universitas Ciputra dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada awal Februari dan Maret 2019.

Justinus Ristanto
Guru SMA St Louis 2 Surabaya
justinuspknstlouis2@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved