Citizen Reporter

Cara Asyik Belajar Matematika dan IPA, SCB The Taman Dayu Edukasi Aneka Praktik Siswa SD di Pasuruan

Cara asyik belajar matematika dan IPA, SCB The Taman Dayu edukasi aneka praktik siswa SD di Pasuruan

Cara Asyik Belajar Matematika dan IPA, SCB The Taman Dayu Edukasi Aneka Praktik Siswa SD di Pasuruan
foto: istimewa
Sekolah Citra Berkat (SCB) The Taman Dayu menggelar aneka praktik Matematika dan IPA melibatkan puluhan siswa SD dari berbagai sekolah di Pasuruan. 

SIAPA bilang pelajaran IPA dan Matematika menakutkan? Sekitar 65 siswa SD dari beberapa sekolah di Pasuruan justru asyik bersenang-senang dengan pelajaran itu.

Dengan riang gembira, mereka menjajal semua eksperimen yang ditampilkan di sejumlah booth pada even bertajuk Smash 2019, Sabtu (2/3/2019) yang digelar Sekolah Citra Berkat (SCB), The Taman Dayu, Pandaan.

Ajang yang baru kali pertama dihelat itu menyedot animo tak hanya murid-murid SD. Para orang tua dan guru yang ikut mengantar, juga berpartisipasi dengan gembira.

Aneka praktik yang bisa dilakukan peserta di antaranya Wonderful Change. Di stan itu, bisa praktik langsung membuktikan senyawa asam dan basa menggunakan media kubis merah, bayam merah, dan alkohol.

Dengan menggunakan cup dan pipet, Louise Ayu dan Tamara mempraktikkan perubahan warna pada kedua benda itu.

Dengan tertib, peserta menyimak presentasi dan antre untuk mendapat giliran mencoba sendiri.

Lalu, ada pula kegiatan Magic Water. Siswa dapat membuat suatu benda terlihat bengkok atau besar karena cahaya yang ada.

Di stan itu peserta juga dapat membuktikan bahwa partikel air memiliki daya tarik menarik sehingga tidak tumpah ketika botol dibalik dan tutupnya diganti kasa.

Di stan berikutnya, disajikan permainan Baloon Bom. Didampingi sejumlah siswa SCB yang menjadi panitia, peserta bisa menguji jika balon yang diisi dengan air yang dipanasakan menggunakan lilin tidak akan meledak karena pemindahan kalor secara konveksi.

Tak hanya itu saja, peserta juga diajak bermain-main dengan Sulap Matematika. Uniknya, peserta diajak membuat rumus sulapnya sendiri.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved