Berita Surabaya

Talawang Jadi Inspirasi Busana Avant Garde Karya Siswa Fashion Desain LaSalle College

LaSalle College Surabaya menggelar Creative Show 2019 bertema Hasarita di Ballroom 89 Ciputra World Surabaya Mall

Talawang Jadi Inspirasi Busana Avant Garde Karya Siswa Fashion Desain LaSalle College

SURYA.co.id | SURABAYA - LaSalle College Surabaya menggelar Creative Show 2019 bertema Hasarita di Ballroom 89 Ciputra World Surabaya Mall, Kamis (4/4/2019).

Dalam acara tersebut, 10 busana bergaya avant garde dengan tema Hasarita diperagakan diatas panggung berbentuk T, diiringi lagu berjudul Abadi Selamanya - Dari Ujung Timur Hingga ke Ujung Barat.

Tema busana tersebut memiliki arti bercerita dalam bahasa Kalimantan. Rose Aprilia, koordinator Fashion Design LaSalle Collage Surabaya menyampaikan tema tersebut merupakan tantangan bagi para mahasiswa LaSalle College yang dinyatakan lulus dalam acara tersebut.

"Jadi, mahasiswa yang memperoleh kelulusannya malam ini, telah melakukan industrial project, dimana para pengajar memberikan mereka tema tertentu yang harus mereka jadikan busana. Salah satunya adalah Hasarita," ujar Rose.

Untuk menjawab tantangan itu, Camilla Ruslie, salah satu siswa LaSalle College Surabaya angkatan 2016 yang dinyatakan lulus dalam acara tersebut, menjadikan talawang sebagai inspirasi rancangan busananya.

Diceritakan Camilia, talawang adalah alat untuk mempertahankan diri dalam bahasa Kalimantan. Bentuk talawang itu dijadikannya sebagai atasan dan diatasnya terdapat motif batang garing.

Untuk rok bawahannya, ia memilih warna coklat sebagai warna dasar. Supaya gaya avant garde dalam busananya lebih kentara, ia menempelkan motif yang terbuat dari bulu burung langka di bagian depan roknya secara vertical.

"Kalau dilihat secara detil, itu roknya saya gradasi, jadi warna bagian atasnya lebih tua, lalu yang dibawahnya lebih muda," papar Camilia.

Warna coklat pada rok tersebut sengaja dipilihnya, sebab busana tradisional kalimantan tengah biasanya terbuat dari kulit hewan. Dalam busana rancangannya, Camilia mengganti bahan pakaian hewan itu dengan kain berbahan suede.

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved