Berita Surabaya

Siswa LaSalle Collage Surabaya Jadikan Batang Garing Sebagai Inspirasi Buat Busana Avant Garde

Siswa LaSalle Collage Surabaya Jadikan Batang Garing Sebagai Inspirasi Buat Busana Avant Garde

Ditantang Buat Busana Avant Garde bertema Hasarita, Siswa LaSalle Collage Surabaya Jadikan Batang Garing Sebagai Inspirasi

SURYA.co.id | SURABAYA - Membuat busana avant garde tentu menjadi tangan tersendiri bagi seorang desiner. Dalam dunia mode, konsep avant garde termasuk gaya berbusana yang ekstrem.

Lady Gaga adalah selebrity yang kerap tampi dalam konsep tersebut.

Pada Kamis (4/4/2019) siswa fashion designer angkatan 2016 LaSalle College Surabaya, memamerkan busana dengan gaya avant garde bertema Hasarita. Tema busana tersebut merupakan tantangan dari para pemgajarnya untuk mereka mencapai kelulusan.

Sebelum membuat rancangan busana tersebut, mereka telah melakukan perjalanan ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Hasarita memiliki arti bercerita dalam bahasa Kalimantan.

Untuk mewujudkan busana tersebut, Cyntia Triatna Sari terinspirasi menjadikan batang garing sebagai inspirasinya. Motif bordir pada atasan berwarna dasar coklat ranncangannya, terinspirasi dari pohon tersebut.

Pada bagian rok bawahannya, ia memadukan potongan kain berwarna merah, putih, kuning, hijau, hitam. Warna-warna tersebut disampaikannya merespresentasikan kedudukan dan kepercayaan yang ada di Palangkaraya.

Dalam tampilan busananya, Cyntia menghadirkan aksesoris yang tidak biasa berbentuk bulu. Bulu tersebut digunakannya sebagai headpiece.

Dalam budaya Kalimantan, bulu yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan berbeda. Laki-laki biasanya mengenakan bulu berwarna putih hitam, sementara perempuan menggunakan bulu dengan motif bintik.

Namun, Cyntia memasangkan dua jenis bulu tersebut dalam tampilan busananya. Hal itu sengaha dibuatnya untuk menyampaikan pesan mengenai kesetaraan gender.

"Karena kan dalam era sekarang kedudukan perempuan dan laki-laki itu sejajar ya. Dalam busana ini pun saya ingin turut bersuara mengenai kesetaraan gender dan women empowering," paparnya.

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved