Berita Surabaya

LaSalle College Surabaya Pilih Tema Hasarita Sebagai Ujian Siswa Fashion Design Angkatan 2016

LaSalle College Surabaya Pilih Tema Hasarita Sebagai Ujian Siswa Fashion Design Angkatan 2016

LaSalle College Surabaya Pilih Tema Hasarita Sebagai Ujian Kelulusan Siswa Fashion Design Angkatan 2016

SURYA.co.id | SURABAYA - LaSalle Collage Surabaya menggelar Creative Show 2019 dengan cerita hubungan antara Tuhan dan kemanusiaan yang dirangkum dalam tema Hasarita.

Bertempat di ballroom 89 Ciputra World Surabaya Mall, 12 karya busana bertema Hasarita rancangan siswa fashion designer LaSalle Collage Surabaya diperagakan beriring lagu berjudul Abadi Selamaya, Kamis (4/4/2019).

Rose Aprilia, koordinator Fashion Design LaSalle Collage Surabaya menyampaikan, tema tersebut dipilih untuk menceritakan bahwa LaSalle Collage Surabaya merupakan sebuah tempat pembelajaran serta peningkatan designer muda dalam menghadapi tantangan industri kreatif dan pasar bebas, tanpa melupakan hubungannya dengan Tuhan.

"Hasarita sendiri memiliki arti bercerita dalam bahasa Kalimantan, kata tersebut merefleksikan perjalanan para desainer muda di Palangka Raya untuk mengetahui motif dasar dari Kalimantan yang selalu merepresentasikan hubungan antara manusia dengan Tuhan, Tuhan dengan manusia dan manusia dengan alam," papar Rose.

Imbuhnya, tema Hasarita merupakan salah project kelulusan yang dipilihkan oleh para pengajar LaSalle College Surabaya untuk siswanya, atau yang disebut sebagai industrial project. Dalam acara tersebut, tema Hasarita dikerjakan oleh para siswa fashion design angkatan 2016.

10 busana bertema Hasarita, didesain oleh siswa jurusan Fashion Desainer angkatan 2016 di LaSalle Collage Surabaya. Salah satunya adalah Cyntia Triatna Sari.

Diceritakannya, proses pembuatan busana dengan tema tersebut dilakukan sekita satu bulan, terhitung dari proses desain hingga jahit. Dalam proses pembuatannya, tema busana dan model avant garde menjadi tantangan tersendiri.

"Karena kan kita membuat busana avant garde ya, jadi bentuknya harus aneh dan tidak biasa, tapi juga harus bercerita sesuai tema, dan unsur dayaknya ada. Itu cukup menjadi kendala tersendiri," ujar Cyntia.

Sebagai salah satu siswa yang diwisuda dalam acara tersebut, Cyntia berharap kedepannya akan lebih banyak lagi desainer yang mengangkat budaya lokal dalam karyanya. Tema Hasarita hanyalah salah satu upaya yang dapat dilakukannya sebagai desainer untuk melestarikan budaya Indonesia, khususnya kalimantan.

Penulis: Hefty's Suud
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved