Berita Pasuruan

DPRD Kabupaten Pasuruan Pertanyakan Siapa Penyerobot Brand Kopi Kapiten

Menurut Rohani, tidak sembarang orang bisa dengan mudah memproduksi massal kopi dengan merek dagang Kopi Kapiten.

DPRD Kabupaten Pasuruan Pertanyakan Siapa Penyerobot Brand Kopi Kapiten
surya.co.id/galih lintartika
Komisi II saat rapat bersama dengan mitra kerjanya di ruang Komisi II Kantor DPRD Kabupaten Pasuruan. 

SURYA.co.id | PASURUAN - Gagalnya PT Kapiten Jaya Abadi, produsen kopi asal Gempol dalam mendapatkan hak paten merek dagang Kopi Kapiten masih menyisakan sejumlah tanda tanya.

Bahkan, kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasuruan masih penasaran, siapa pemilik badan usaha yang menyerobot brand Kopi Kapiten untuk diproduksi secara massal.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Rohani Siswanto mengatakan, selama ini Pemkab Pasuruan sudah meluangkan waktu dan tenaganya untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan kopi lokal yang memiliki beragam merek dagang, seperti kopi joss, kopi ledug dan lainnya.

"Nah, tiba-tiba muncul sejumlah pengusaha yang ingin memproduksi massal Kopi Kapiten ini. Sebenarnya, ini perusahaan siapa?" tanya politisi Partai Gerindra saat rapat bersama mitra Komisi II.

Menurut Rohani, tidak sembarang orang bisa dengan mudah memproduksi massal kopi dengan merek dagang Kopi Kapiten.

Kata dia, akan lebih baik jika diawali dengan MoU antara Pemkab Pasuruan dan kelompok tani APEKI yang telah memiliki hak paten brand Kopi Kapiten.

“Kami fine-fine saja, jika perusahaan yang akan memproduksi massal kopi dengan merek dagang Kopi Kapiten adalah BUMD. Tapi kalau pihak swasta, siapa mereka itu?” tambah dia.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi menambahkan, branding Kopi Kapiten yang sudah mendunia jangan sampai dimanfaatkan kelompok kapitalis untuk kepentingan bisnis.

Brand Kopi Kapiten untuk kelompok tani atau UMKM yang memproduksi kopi asli Kabupaten Pasuruan.

Menurut Andri, kelompok kapital yang memproduksi massal Kopi Kapiten tidak akan diketahui asal muasal bahan baku kopi tersebut.

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved