Citizen Reporter

Tujuan Mahasiswa PLS Universitas Negeri Malang Gelar Seminar Menjadi Istri dan Ibu yang Cerdas

Tujuan mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang menggelar seminar Menjadi Istri dan Ibu yang Cerdas.

Tujuan Mahasiswa PLS Universitas Negeri Malang Gelar Seminar Menjadi Istri dan Ibu yang Cerdas
surya/pipit maulidiya
Ilustrasi sebuah acara yang dihadiri ibu-ibu PKK. 

PEMBINAAN Kesejahteraan Keluarga (PKK) bergerak pada bidang pemberdayaan wanita dalam pembangunan di Indonesia.

Para ibu anggota PKK menjadi peserta dalam Seminar Pendidikan Keluarga bertema Menjadi Istri dan Ibu yang Cerdas, Minggu (3/3/2019). Ke-25 peserta itu dari PKK Kelurahan Jatimulyo RT 5, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Acara diselenggarakan oleh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Malang.

Sesuai dengan konsentrasinya di bidang Pendidikan Keluarga, kelompok dalam mata kuliah Tata Laksana Program Pendidikan Keluarga yang diampu dosen Ahmad Mutadzakir dan Rezka Arina mengambil sasaran anggota PKK. Seminar berlangsung di Balai Pos PAUD Jatimulyo.

Seminar itu bertujuan agar para ibu bisa menjadi istri yang cerdas sekaligus ibu yang cerdas bagi anak-anaknya di zaman yang serba milenial ini.

Diharapkan para ibu bisa melakukan penyesuaian teknologi zaman sekarang yang sudah canggih berkait dengan pola pengasuhan dalam keseharian.

Pemateri seminar adalah motivator tingkat ASEAN, yaitu Hj Umi Dayati.

Menurut Yusril Ihsan, ketua panitia, ilmu dalam acara itu bisa diterapkan para ibu pada zaman sekarang.

“Saya berharap dengan adanya seminar ini, mahasiswa PLS bisa lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat,” tambah Yusril.

Materi yang disampaikan selama 1,5 jam itu diisi dengan kiat menjadi istri yang disayang suami, tips menjaga emosi, dan cara menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya.

Dalam seminar itu ditekankan pada cara memiliki dan menerapkan sikap positif para ibu dalam menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan gaya penyampaian yang menghibur dan interaktif, peserta sangat senang dan antusias selama rangkaian acara berlangsung.

Beberapa pertanyaan dilontarkan peserta mulai dari cara mendidik anak introvert hingga bagaimana cara menjaga emosi dengan besan.

"Saya sangat senang, dan berharap ada kegiatan seperti ini lagi karena materi yang saya terima sesuai dengan apa yang saya rasakan setiap harinya. Apalagi pematerinya selalu ceria. Saya ikutan ceria," ujar Hariyati, Ketua PKK RT 5 Jatimulyo.

Ahmat Solikin
Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Malang
Ahmatsolikin27@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved