Citizen Reporter

Tips Lolos Beasiswa LPDP ala Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Tips lolos beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ala mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Tips Lolos Beasiswa LPDP ala Mahasiswa Universitas Negeri Malang
foto: istimewa
Ilustrasi 

ADA pemandangan yang tak biasa di Gedung Sasana Budaya, Minggu (3/3/2019). Gedung yang biasanya sepi di hari libur, mendadak ramai dikunjungi sekitar 600 mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di penjuru Jawa Timur.

Acara yang menyedot perhatian ratusan orang itu tak lain adalah klinik beasiswa yang diselenggarakan oleh ikatan penerima beasiswa (awardee) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Universitas Negeri Malang. Acara yang berlangsung sejak pukul 07.00-13.30 itu terdiri atas tiga sesi.

Sesi pertama dibuka M Sofwan Effendi selaku perwakilan dari LPDP yang memaparkan mengenai beasiswa LPDP secara umum. Selanjutnya, sesi kedua berbentuk dialog interaktif terbagi menjadi tiga materi sesuai dengan tema kegiatan, yaitu Menyiapkan Generasi Era 4.0 Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan, Kepemimpinan, dan Kewirausahaan.

Aspek pendidikan disampaikan Budi Eka Soetjipto. Aspek kepemimpinan disampaikan Falma Kemalasari. Aspek kewirausahaan disampaikan Rezza Deviansyah.

Sesi ketiga menjadi sesi yang paling ditunggu-tunggu peserta. Pada sesi terakhir, panitia memberikan tips dan trik lolos beasiswa LPDP, antara lain dengan meningkatkan literasi berkait dengan topik-topik terkini yang sedang hangat sebagai bekal persiapan menulis essay on the spot dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Selain itu, panitia juga melakukan simulasi seleksi LGD dan seleksi interview yang diikuti perwakilan peserta dengan tujuan agar peserta merasakan sendiri sensasi ketika menjalani rangkaian tahap seleksi yang diselenggarakan oleh LPDP.

Melalui acara itu, diharapkan nanti generasi muda masa kini siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan kualitas masing-masing melalui pendidikan yang lebih tinggi.

Selain itu, mereka memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat serta menumbuhkan kreativitas berwirausaha.

Acara itu juga bertujuan untuk menyosialisasikan beasiswa LPDP sehingga LPDP tak lagi dianggap eksklusif.

Sesungguhnya semua orang dari berbagai kalangan berhak menikmati beasiswa itu.

Novia Anggraini
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Negeri Malang
ininovianggraini@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved