Berita Sidoarjo

RS Siti Khodijah Luncurkan Alat Kateterisasi Jantung, Dirut: Untuk Maksimalkan Pelayanan

RS Siti Khodijah memiliki alat kateterisasi untuk memaksimalkan pelayanan pasien jantung

RS Siti Khodijah Luncurkan Alat Kateterisasi Jantung, Dirut: Untuk Maksimalkan Pelayanan
surya/pipit maulidiya
Dua perawat sedang menyiapkan alat kateterisasi jantung di lantai 6 ruang operasi RS Siti Khadijah, Sepanjang, Sidoarjo 

SURYA.co.id | SIDOARJO - RS Siti Khodijah makin melengkapi alat dokter spesialis. Kini, RS yang berada di Sepanjang, Sidoarjo, ini memiliki alat kateterisasi jantung untuk memaksimalkan pelayanan pasien jantung.

Direktur Utama RS Siti Khodijah, dr Muhammad Hamdan, menjelaskan alat katerisasi jantung milik RS Siti Khadijah baru beroperasi satu bulan terakhir.

Alat itu memiliki 3 fungsi, pertama penanganan masalah jantung dewasa, kedua penanganan masalah jantung anak-anak, dan neurointervensi.

"Kami punya ahlinya masing-masing, baik dokter spesialis jantung dewasa, spesialis jantung anak-anak, dan spesialis neurointervensi.

Kehadiran alat ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mengingat angka kematian kasus penyakit jantung masih tertinggi di indonesia," kata Hamdan, Selasa (2/4/2019).

Sebelumnya, RS Siti Khodijah selalu memberikan rujukan kepada pasien kasus jantung ke RS lain memiliki alat kateterisasi ini.

Namun menurut Hamdan, hal ini bukan sebuah solusi tepat lantaran pasien harus antre, sedangkan penanganannya harus cepat.

"Kawasan Sidoarjo baru kami. RSUD Sidoarjo kebetulan SDM-nya mereka belum punya. Di Surabaya baru Dr Soetomo. RS Haji ada alat tapi tenaganya masih disekolahkan.

Rumah sakit besar-besar punya alatnya, tenaganya belum punya. Selain terkendala alat, SDM juga perlu kalau di sini kami sudah punya SDM dokter spesialis jantung dewasa ada dua, spesialis anak-anak ada dua, dan spesialis saraf ada lima,

tapi yang khusus neurointervensi ada satu," papar Hamdan, soal kondisi ketersediaan alat dan SDM di beberapa rumah sakit.

Alat katerisasi jantung sangat dibutuhkan karena selain mampu mendiagnosa, juga berfungsi memastikan penyakit sekaligus menangani sumbatan pada pembuluh darah besar.

"Alat-alat ini sudah dipakai di negara-negara maju, dengan ini kami berusaha menangani pasien dengan penyakit jantung tanpa harus memberikan rujukan," tutup Hamdan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved