Berita Malang

Wali Kota Malang Sutiaji Raih Penghargaan Indonesia Vision Leadership (IVL) Award 2019

Jelang memasuki usia 105 tahun, Kota Malang mendapat kado istimewa berupa penghargaan Indonesia Vision Leadership (IVL)

Wali Kota Malang Sutiaji Raih Penghargaan Indonesia Vision Leadership (IVL) Award 2019
istimewa
Penghargaan IVL diberikan kepada Wali Kota Malang Sutiaji oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Koemolo di hall Singasari Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta (29/3/2019). 

SURYA.co.id | MALANG - Jelang memasuki usia 105 tahun, Kota Malang mendapat kado istimewa berupa penghargaan Indonesia Vision Leadership (IVL). Penghargaan IVL diberikan kepada Wali Kota Malang Sutiaji oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Koemolo di hall Singasari Hotel Borobudur, Lapangan Banteng, Jakarta (29/3/2019).

"Saya tidak mengira mendapat penghargaan ini. Karena jeda waktu dengan paparan dihadapan panelis juri juga sudah relatif lama (Oktober 2018). Saya pikir, mungkin tidak masuk (nominasi). Tentu ini (penghargaan) kami apresiasi dan teraih tidak lepas dari sebuah sinergi kebersamaan semua elemen yang ada di Kota Malang. Terasa istimewa karena bertepatan kota Malang memasuki usia 105 tahun di 1 April, karenanya ini juga penghargaan untuk semua warga kota Malang," Kata Sutiaji.

Best in Managemen Partnership diberikan kepada Wali Kota Malang, mempertimbangkan komitmen Sutiaji dalam membumikan sekaligus menginternalisasi pola pembangunan daerah dengan kekuatan pentahelix.

"Yang pertama kami uji dan cermati adalah kekuatan karakter nasionalismenya. Sejauh mana nilai Pancasila mampu teraktualisasikan Kepala Daerah melalui visi yang dimiliki dan digabung dengan kearifan lokal yang dimiliki," tutur Soni Soemarsono, selaku Ketua Tim Juri IVL.

Sementara Mendagri Tjahjo Koemolo, menekankan Kepala Daerah harus mampu mengembangkan inovasi yang dapat menguatkan pelayanan publik, reformasi birokrasi dan menciptakan iklim yang sehat untuk investasi.

Menengok kembali paparan yang disampaikan Wali Kota Sutiaji pada proses penilaian, selain strategi komunikasi pentahelix, juga dipaparkan program lelang kinerja yang merupakan pertama dilakukan di Indonesia serta penguatan pendidikan karakter.

Ikut mengkritisi dan membedah visi kepala daerah, adalah Soni Sumarsono (saat itu Dirjen Otoda Kemendagri), Firmanzah (Rektor Paramadina), Andi Ilham Said (Ketua Indonesia Institute for Corporate Directorship) dan Gun Gun Heryanto (Pengamat Politik).

Ikut mendampingi Wali Kota Malang dalam penerimaan penghargaan, Sekkota Wasto, Kabag Humas Widianto dan Kabag Pemerintahan Dicky Haryanto.

Juga Tampak hadir Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, yang pada gelaran tahun sebelumnya meraih award IVL.

Acara yang dikemas dengan tajuk Silaturahmi Nusantara, ditutup dengan Deklarasi Kebangsaan yang diikuti oleh kepala daerah.

Penulis: Hesti Kristanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved