HUT Kota Malang ke 105

Tak Cari Untung, Rumah Solusi Kota Malang untuk Pasarkan Produk UMKM

Pemkot Malang bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK meresmikan sebuah rumah yang dinamai Rumah Solusi untuk menampung produk UMKM

Tak Cari Untung, Rumah Solusi Kota Malang untuk Pasarkan Produk UMKM
surya/hayu yudha prabowo
Wali Kota Malang Sutiaji, saat melihat produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Malang yang dijual di Rumah Solusi, Jalan Tangkuban Perahu, Kota Malang, Kamis (28/3/2019). 

SURYA.co.id | MALANG - Pada Januari 2019 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bekerjasama dengan TP PKK meresmikan sebuah rumah yang dinamai Rumah Solusi. Rumah tersebut terletak di Gedung Kartini Imperial Building yang difungsikan menampung produk Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, menerangkan banyak tantangan yang dihadapi sejak Rumah Solusi diresmikan dua bulan lalu. Kendati belum maksimal, namun manfaat Rumah Solusi mulai bisa dirasakan oleh pengusaha UMKM.

"Kami mengakui masih banyak yang harus diperbaiki. Tapi sudah banyak kemajuan," kata Widayati, Senin (1/4/2019).

Ia menjelaskan saat ini ada lebih dari 20 UMKM yang menaruh produknya di Rumah Solusi.

Tidak hanya makanan, berbagai produk lain termasuk sepatu, mukena dan daster Malangan.

Sejauh ini, kata dia, respons masyarakat terhadap Rumah Solusi cukup baik.

"Karena tidak hanya menjual produk UMKM, tapi disini juga menyediakan bahan pokok. Dengan harga yang jauh lebih murah," sambungnya.

Widayati mengatakan hingga saat ini jam operasional Rumah Solusi menyesuaikan dengan jam kantor yakni pukul 08.00-16.00 WIB.

Hal itu, diakuinya juga menjadi kendala Rumah Solusi bersaing dengan toko oleh-oleh lain, yang tidak terikat dengan jam kerja.

"Karena pegawai kami masih pegawai kontrak. Kami masih menyesuaikan itu. Tapi itu memang jadi
evaluasi kami," ujar istri Wali Kota Malang itu.

Wali Kota Malang, Sutiaji memilihkan Daster Bordir produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Malang untuk Ketua TP PKK Kota Malang yang dijual di Rumah Solusi, Jalan Tangkuban Perahu, Kota Malang, Kamis (28/3/2019).
Wali Kota Malang, Sutiaji memilihkan Daster Bordir produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Malang untuk Ketua TP PKK Kota Malang yang dijual di Rumah Solusi, Jalan Tangkuban Perahu, Kota Malang, Kamis (28/3/2019). (surya/hayu yudha prabowo)
Halaman
12
Penulis: Hesti Kristanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved