Berita Malang

Pasar Rakyat Transformasi Jadi Destinasi Wisata Belanja

Pemkot Malang tengah membangun Pasar Rakyat modern yang nyaman bagi para pedagang maupun pengunjung.

Pasar Rakyat Transformasi Jadi Destinasi Wisata Belanja
surya/hayu yudha prabowo
Suasana Pasar Oro-Oro Dowo Kota Malang 

SURYA.co.id | MALANG - Pemkot Malang tengah membangun Pasar Rakyat modern yang nyaman bagi para pedagang maupun pengunjung. Selain sarana dan prasarana yang lengkap dan sehat, pemerintah juga sedang mengarahkan Pasar Rakyat ke sistem digitalisasi.

Revitalisasi itu dilakukan sejalan dengan Kota Malang yang merupakan tujuan destinasi para wisatawan. Pasar Rakyat juga turut bersolek karena bakal menjadi tempat wisata belanja.

Hingga tahun 2019 ini, tercatat ada lima pasar rakyat yang telah direvitalisasi dari 27 pasar rakyat yang ada. Lima pasar yang telar direvitalisasi yakni Pasar Oro-oro Dowo, Pasar Bareng, Pasar Klojen, Pasar Bunul dan Pasar Gadang Lama.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, mengatakan revitalisasi Pasar Rakyat ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pedagang maupun pengunjung.

Untuk itu, ditopang dengan berbagai macam fasilitas umum yang telah tersedia, seperti laktasi, ruang kesehatan, musala, toilet, area wifi dan lain sebagainya.

"Sebelum direvitalisasi, Pasar Rakyat ini terkenal kumuh. Dengan revitalisasi yang sudah selesai ini, mereka akan menikmati sarana dan prasarana yang seperti yang ada di Pasar Oro-oro Dowo," kata Wahyu.

Di sisi lain, Wahyu mengatakan, bahwa Pasar Rakyat ini nantinya akan menjadi ikon dari Kota Malang.

Untuk itu pihaknya akan melakukan promosi pasar-pasar yang sudah sudah direvitalisasi ini untuk dijadikan tempat destinasi wisata belanja.

"Revitalisasi ini akan dilakukan secara bertahap, di tahun 2019, akan ada empat pasar yang akan direvitalisasi, yakni Pasar Kasin, Pasar Mergan, Pasar Sukun dan Pasar Sawojajar," sambungnya.

Dana yang digunakan dalam pembangunan revitalisasi ini menggunakan dana dari APBD maupun dari DAK 2019.

Halaman
12
Penulis: Hesti Kristanti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved