Otomotif

Perusahaan Rental dan Niaga Akui Keunggulan Isuzu Traga

Keandalan Isuzu Traga di segmen kendaraan komersial ringan (Light Comercial Vehicle) diakui oleh tiga perusahaan yang menggunakan seri ini

Perusahaan Rental dan Niaga Akui Keunggulan Isuzu Traga
SURYAOnline/Haorrahman
Isuzu Traga (foto dok) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Keandalan seri Isuzu Traga di segmen kendaraan komersial ringan (Light Comercial Vehicle) diakui oleh tiga perusahaan yang menggunakan seri ini untuk operasional.

Hasanuddin, pimpinan perusahaan rental mobil PT Bumi Jaya Utama (Kalla Group) mengungkapkan, pihaknya merekomendasikan kepada kliennya, terutama perusahaan jasa pengiriman ekspres, untuk menggunakan Isuzu Traga.

"Kapasitas angkut dan fleksibilitas itu yang menjadi alasan J&T memilih Traga. Mobil ini bisa leluasa beroperasi di dalam kota. Kapasitasnya lebih banyak 3-4 meter kubik, soalnya sasis Traga lebih panjang, sehingga memberi ruang yang lebih besar untuk kapasitas," kata Hasanudin, saat ditemui di Surabaya, pekan lalu.

J&T sempat memesan sejumlah kendaraan untuk merek lain, namun beralih ke Traga setelah mengetahui mobil itu memiliki banyak kelebihan.

Sebagai perusahaan rental, ia perlu memberikan rekomendasi berdasarkan analisa terhadap berbagai produk. Hasanuddin membandingkan Traga dengan mobil pesaing yang kini masih memimpin pasar.

Mobil pesaing memiliki dimensi standar Dinas Perhubungan dengan kubikasi hanya mencapai 6.529 kubik, sedangkan Traga jauh lebih besar yakni mencapai 9.759 kubik, nyaris mendekati truk engkel.

“J&T yang beroperasional antar kota dan dalam kota ini concern pada daya angkut, yaitu masalah volume. Sedangkan kami, concern pada perawatan dan ketersediaan spare part. Kami mengevaluasi beberapa brand, dan kami putuskan menggunakan aplikasi Traga yang memenuhi dua hal itu,” ungkap Hasanudin.

Bagi perusahaan niaga, ketersediaan suku cadang akan sangat berpengaruh pada operasional. Apalagi bagi perusahaan jasa pengiriman ekspres. Kalau ketersediaan suku cadang lama, mobil akan berhenti beroperasi dan itu sangat mengganggu. Bagi perusahaan rental, hal tersebut tentu akan menambah biaya, karena harus memberikan mobil pengganti.

General Manager PT Karya Niaga Abadi (J&T) Denny Lim, menambahkan, sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres, pihaknya sangat memperhitungkan kapasitas angkut kendaraan yang digunakan. Dengan daya angkut besar, tentu akan lebih menguntungkan. Biaya operasional juga bisa direduksi.

"Di Jatim, J&T mengangkut paket sekitar 200 ton per hari. Seluruh paket itu dia angkut ke 38 kota di Jawa Timur. Setiap Traga, bisa mengangkut sekitar 1,5 hingga 2 ton. Seluruh unit beroperasi setiap hari tanpa henti," ungkap Denny.

Halaman
123
Tags
Traga
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved