Citizen Reporter

Belajar Menulis Berita Batch 1 di Unair Surabaya, 9 Aspek ini Penting untuk Penulis Pemula 

Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga (PIH Unair) menyelenggarakan Sekolah Jurnalistik Batch 1 di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen Unair.

Belajar Menulis Berita Batch 1 di Unair Surabaya, 9 Aspek ini Penting untuk Penulis Pemula 
foto: istimewa
Sekolah Jurnalistik Batch 1 di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen Unair, Mulyorejo, Surabaya pada Kamis pagi (7/3/2019). 

LIBUR Hari Raya Nyepi tidak menyurutkan semangat puluhan mahasiswa lintas jurusan Universitas Airlangga untuk belajar menulis.

Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga (PIH Unair) menyelenggarakan Sekolah Jurnalistik Batch 1 di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen Unair, Mulyorejo, Surabaya pada Kamis pagi (7/3/2019).

Dengan mengundang Imron Mawardi selaku pembicara, peserta acara diajak untuk menguasai teknik dasar jurnalistik. Ia berangkat dari tantangan dengan maraknya cyber journalism. Baginya, itu menuntut kreativitas lebih dari media cetak.

“Berita yang baik adalah yang mengandung value. Ia harus mengandung hal penting dan dikemas dengan menarik,” ungkap Sekretaris PIH Unair itu.

Dalam mewujudkan itu setidaknya ada sembilan aspek yang harus diperhatikan penulis pemula. Ke-9 aspek itu adalah aktual, spektakuler, dramatis, informatif, kedekatan psikologis, tokoh, human interest, keunikan, dan others angle.

Bagi Mawardi, hal lain yang perlu diketahui bagi penulis berita pemula yakni tentang kode etik.

“Kalau ada aturan hukum yang berlaku, maka hukum itulah yang harus didahulukan,” ungkap dosen FEB Unair itu.

Ia menampilkan inti Kode Etik Jurnalistik. Selain itu, ada juga praktik sepele yang kerap diabaikan penulis yakni plagiarisme.

“Walau pengecekannya tidak seketat dalam dunia akademik, plagiarisme dalam redaksi berita bisa dikenakan sanksi yang berat, bahkan bisa berujung pemecatan,” lanjutnya.

Dalam acara ini hadir juga Ketua Program Studi S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga dan Suko Widodo selaku Ketua PIH Unair.

Sebagaimana diungkapkan Widodo, Unair juga mengadakan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi yang memiliki konsentrasi dan minat dalam bidang jurnalistik. Salah satu jurusan yang sesuai dengan itu yakni S2 Media dan Komunikasi.

Sekolah Jurnalistik Batch 1 terselenggara dengan tujuan agar meningkatkan minat literasi mahasiswa terutama dalam penulisan berita. Secara khusus, PIH Unair juga akan mencari 24 penulis terbaik untuk bergabung dalam Unair News.

Hal itu tentu mengundang semangat mahasiswa. Itu dibuktikan dari jumlah mahasiswa Unair yang mendaftar mencapai 250 orang sehingga harus diadakan seleksi sehingga menjadi 100 orang.

Jacko Ryan
Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga
jacko.ryan-2017@fisip.unair.ac.id

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved