Berita Bisnis

Arebi Jawa Timur Aktif Sosialisasikan SIU-P4 Kepada Para Broker

sosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jawa Timur, menggelar kegiatan sosialisasi Surat Ijin Usaha Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4)

Arebi Jawa Timur Aktif Sosialisasikan SIU-P4 Kepada Para Broker
Surabaya.Tribunnews.com/Sri Handi Lestari
Suasana sosialisasi SIU-P4 oleh Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan kepada para broker anggota Arebi Jatim di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Jawa Timur, menggelar kegiatan sosialisasi Surat Ijin Usaha Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4) akhir pekan lalu.

Sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah para broker yang memenangkan SIU-P4, yang sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 51/M-DAG/PER/7/2017 tentang SIU-P4 untuk Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

"Peraturan sudah lama, tapi dalam catatan Kemendeg (Kementerian Perdagangan) masih banyak broker yang belum mengurus. Sementara tahun 2020 akan ada sanksi," kata I Gusti Ketut Astawa, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan, yang menjadi pemateri dalam kegiatan sosialisasi yang digelar di Surabaya, Jumat (29/3/2019).

Masih belum banyaknya broker yang memegang SIU-P4 ini kemungkinan disebabkan oleh tiga hal. Menurut Astawa, pertama karena belum tahu atau ketidaktahuan. Kedua, karena untuk mendapatkan SIUP-P4 perlu waktu, terutama kegiatan pelatihan.

"Ketiga, harus ada landasan hukum yang kuat. Badan usaha, izin dan lainnya. Saat ini izin juga sudah mudah dengan adanya OSS," ungkap Astawa.

Kepemilikan SIU-P4 bagi broker sangat penting. Mengingat sebelum memiliki SIU-P4, broker juga harus bersertifikat dari Lembaga Sertifikasi profesi (LSP) Broker Properti.

"SIU-P4 dan sertifikat LSP ini wajib dimiliki broker properti baik lokal maupun asing, karena akan melindungi mereka dari praktik-praktik yang melanggar aturan," ungkap Astawa.

Praktik-praktik yang melanggar aturan tersebut contohnya adalah pembayaran komisi penjualan properti. Umum terjadi komisi penjualan yang dibayarkan kepada broker di bawah dua persen.

Sosialisasi akan terus dilakukan sebelum adanya penindakan yang akan dilakukan mulai tahun 2020. Saat ini, Astawa mengatakan, bersama Arebi DPD masing-masing daerah pihaknya terus melakukan sosialisasi kepemilikan SIU-P4 ini agar terhindar dari penindakan.

Terpisah, Ketua AREBI Jatim Rudy Sutanto, mengatakan bila saat ini untuk di wilayahnya, terus aktif melakukan sosialisasi SIU-P4 ini.

"Selain sosialiasi secara berkala kami juga gelar ujian sertifikasi broker. Ini menjadi nilai lebih dari keanggotaan dalam Arebi," jelas Rudi..

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved