Advertorial

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 8,5 Miliar Untuk Rehab Lima Puskesmas

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan merehabilitasi sejumlah puskesmas di Kabupaten Pasuruan

Pemkab Pasuruan Siapkan Rp 8,5 Miliar Untuk Rehab Lima Puskesmas
ist
Pemerintah Kabupaten Pasuruan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan merehabilitasi sejumlah puskesmas di Kabupaten Pasuruan. Tak tanggung - tanggung, Pemkab Pasuruan mengalokasi anggaran Rp 8,5 miliar untuk merehab puskesmas tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Agung Basuki menguraikan, ada lima puskesmas yang akan dibenahi tahun ini. Kelimanya tidak termasuk relokasi puskesmas Wonorejo yang dianggarkan Rp 1,9 miliar di APBD 2019.

Lima Puskesmas yang akan dibenahi itu, mencakup Puskesmas Kedawungwetan, Puskesmas Purwosari, Puskesmas Prigen, Puskesmas Kraton dan Puskesmas Kraton. Rehab itu dilakukan, lantaran ada beberapa bagian yang mengalami kerusakan.

Pembenahannya pun berbeda-beda, dengan anggaran yang disiapkan antara Rp 1,4 miliar hingga Rp 2,6 miliar.

"Total dananya, sekitar Rp 8,5 miliar untuk membenahi kelima puskesmas tersebut," jelas Agung.

Ia menambahkan, pembenahan tersebut dilakukan, untuk peningkatan pelayanan. Karena, infrastruktur yang ada, memang mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut, jelas membuat kurang nyamannya pelayanan.

"Ada yang bagian atapnya bocor. Ada pula yang penambahan gedung baru dan pembenahan ruangan rusak. Tujuannya tak lain, agar memberi kenyamanan bagi pasien," tambahnya.

Rehab tersebut saat ini, masih tahap perencanaan. Ia mengancang-ancang, triwulan ketiga sudah ada pelaksanaan.

Rehab Puskesmas itu diantaranya, Puskesmas Kedawungwetan, Kecamatan grati, rehabilitasi pagar dan urukan sekitar Rp 1,4 miliar.

Puskesmas Purwosari rehab rawat inap yang rusak Rp 1,4 miliar, Luskesmas Prigen renovasi gedung utama karena bocor Rp 2,6 miliar akan bangun dua lantai, Puskesmas Kraton pengembangan poli dan ugd serta IPAL Rp 1,7 miliar dan Puskesmas Pasrepan rehab rawat inap belakang karena kondisinya rusak senilai Rp 1,4 miliar.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved