Satu Tahun Beroperasi, Aplikasi DANA Sudah Diunduh 10 Juta Kali

Baru satu tahun diluncurkan, aplikasi pembayaran digital, DANA, telah diunduh 1 juta kali. Lalu bagaimana rencana mereka ke depan?

Satu Tahun Beroperasi, Aplikasi DANA Sudah Diunduh 10 Juta Kali
surabaya.tribunnews.com/sri handi lestari
Chrisma Albandjar (kanan) Chief Communications Officer DANA, saat di Surabaya, Kamis (28/3/2019) sore. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aplikasi digital untuk pembayaran dan transaksi non tunai, DANA, mentargetkan bertumbuhan berlipat di tahun 2019 ini. Hal itu tak lepas dari kinerja sepanjang tahun 2018 di mana aplikasi tersebut sudah diunduh 10 juta kali dengan jumlah transaksi rata-rata 1 juta keli per hari. 

"Kami melihat potensi yang besar untuk bisa tumbuh berlipat di tahun 2019 ini. Mengingat jumlah penduduk Indonesia dan pemegang smartphone yang cukup besar," jelas Chrisma Albandjar, Chief Communications Officer DANA, saat di Surabaya, Kamis (28/3/2019) sore.

Sebagai upaya untuk mencapai target tersebut, Chrisma menyebutkan, pihaknya terus agresif melakukan sosialisasi dan penetrasi ke semua segmen. Saat ini, layanan aplikasi ini masih banyak dikenal untuk pembayaran belanja via e-commerce. Meski DANA juga sudah bisa dimanfaatkan untuk pembayaran toko retail.

”Transaksi ini merata di semua layanan yang kami kembangkan,” tambah Chrisma.

Tidak hanya transaksi pembayaran digital, tapi juga untuk pengiriman uang hingga menyimpan kartu debit dan kartu kredit. Untuk itu, DANA sudah berkolaborasi dengan perbankan. Dengan berbagai fitur yang dimiliki itu, DANA dapat digunakan pelaku usaha online maupun offline.

“Karena sebagai dompet digital kami ingin memindahkan isi dompet ke smartphone,” jelasnya.

Oleh karenanya, target market pengguna tidak hanya pelaku usaha, tapi seluruh lapisan masyarakat melalui fitur yang dapat menunjang transaksi keuangan dan gaya hidup. Bagi pengguna konsumen, dapat menggunakan DANA untuk bertransaksi di berbagai merchant. Saat ini, DANA sudah tersedia di 15.000 lokasi merchant.

“Sebagai infrastruktur pembayaran digital berplatform terbuka, dompet digital DANA memiliki kemampuan dan manfaat untuk setiap pelaku usaha online dan offline, termasuk startup. Sehingga para pelaku usaha dapat berkonsentrasi terhadap produknya dan pembayaran dapat dilakukan dengan debit rekening atau memanfaatkan kartu kredit cukup melalui DANA. Dengan demikian semua pelaku usaha tetap kompeten dan berdaya saing tinggi di era digital ini,” ungkap Chrisma.

Chrisma memberi contoh berbagai jenis pengusaha baik offline maupun online, dapat langsung melakukan semua transaksi secara digital, non tunai dan non kartu.

Pengusaha offline diantaranya adalah para pedagang di pasar tradisional, pengemudi jasa transportasi umum, pemilik toko individual hingga gerai-gerai yang memiliki ratusan cabang seperti Ramayana, KFC, Sour Sally, Gulu Gulu, Hoka-Hoka Bento, Wendy’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Bakmi GM, Domino’s, Rejuve, hingga Kopi Kulo dan Kopi Kenangan.

Halaman
123
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved