Berita Tulungagung

Cara Kreatif TK Creative Tulungagung yang Ajak Orangtua Siswa Buat Besek untuk Bayar Uang Sekolah

Sejumlah orangtua siswa TK Creative, Desa Kiping, Gondang, Tulungagung, membuat kerajinan tangan besek dari anyaman bambu untuk bayar uang sekolah

Cara Kreatif TK Creative Tulungagung yang Ajak Orangtua Siswa Buat Besek untuk Bayar Uang Sekolah
surya/david yohanes
Para orangtua siswa TK Creative di Desa Kiping, Kecamatan Gondang, Tulungagung, tengah membuat besek dari anyaman bambu untuk membayar uang sekolah anak-anak mereka. 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Sejumlah orangtua siswa TK Creative, Desa Kiping, Kecamatan Gondang, Tulungagung, terlihat tengah menganyam bilah-bilah bambu tipis di beranda sekolah ini. Tidak berapa lama mereka menghasilkan sejumlah barang kerajinan tangan, mulai dari besek, pincuk hingga aneka tempat botol dan toples.

Sekilas pemandangan ini tidak lazim dilakukan di sekolah yang tengah berlangsung kegiatan belajar mengajar. Namun kerajinan yang dibuat para orangtua siswa ini bukan sembarang kerajinan. Sebab dengan produk yang mereka hasilkan, adalah sarana untuk membayar uang sekolah anaknya.

“Sekolah kami memang menerima pembayaran berupa kerajinan bambu, khususnya kerajinan tangan anyaman bambu besek cantik,” kata Kepala TK Creative, Imro'atus Solekah.

Di tengah waktu luang menunggu anaknya belajar, para orangtua ini membuat aneka anyaman bambu. Bu Im, panggilan Imro'atus Solekah, menuturkan uang sekolah untuk TK sebesar Rp 40.000 per bulan dan Taman Bermain (Play Grup) sebesar Rp 25.000.

Semuanya dibayar dengan aneka produk anyaman bambu.

Produk standar yang menjadi acuan adalah besek cantik berdiameter 18 centimeter.

Satu besek dihargai Rp 2500 per buah.

Dalam satu bulan setiap orangtua siswa ditarget satu kodi (20 buah) produk.

Jika diuangkan, nilainya sekitar Rp 50.000.

Sering kali jumlah yang dihasilkan lebih dari satu kodi.

Halaman
123
Penulis: David Yohanes
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved